by

Donald Trump Positif Covid-19, Joe Biden Unggul 10 Angka dalam Survei

KalbarOnline.com – Calon Presiden Amerika Serikat Joe Biden unggul dari rivalnya petahana Donald Trump. Itu setelah Trump dinyatakan positif terkena virus Korona. Hal itu disebabkan lantaran warga AS kecewa karena Trump terlalu menganggap remeh virus Korona.

Mayoritas orang Amerika berpikir Trump dapat menghindari infeksi jika dia menganggap virus itu lebih serius. Hal ini seperti dilaporkan Reuters dari sebuah Polling Ipsos dirilis pada Minggu (4/10). Trump telah berulang kali meremehkan pandemi sebagai sesuatu yang akan hilang dengan sendirinya. Trump juga mencela Biden yang baru-baru ini mengenakan masker saat virus Korona menginfeksi jutaan orang.

  • Baca juga: Hubungan AS-Tiongkok Panas, Xi Jinping Tetap Doakan Donald Trump

Jajak pendapat menemukan bahwa 51 persen mendukung Biden, sementara 41 persen memilih Trump. Dan, 4 persen lainnya memilih kandidat dari pihak ketiga dan 4 persen lainnya ragu-ragu.

Keunggulan 10 poin Biden atas Trump adalah 1 hingga 2 poin lebih tinggi daripada prospek yang diposting Biden selama beberapa minggu terakhir. Meski peningkatan tersebut masih dalam batas presisi jajak pendapat, yaitu plus atau minus 5 poin persentase.
Dengan sekitar satu bulan sebelum pemilihan, Biden telah mempertahankan keuntungan awal dalam mengamankan suara rakyat secara nasional.

Tetapi untuk memenangkan kursi kepresidenan, seorang kandidat harus menang di negara bagian yang cukup untuk memenangkan Electoral College. Dan jajak pendapat negara bagian menunjukkan bahwa Trump hampir sepopuler Biden di negara bagian yang menjadi medan pertempuran.

  • Baca juga: Sebelum Debat Capres Perdana, 1 Juta Penduduk AS Sudah Mulai Memilih

Trump, 74, dilarikan ke rumah sakit di Walter Reed beberapa jam setelah kicauan dirinya terpapar Covid-19. Trump merasa demam dan membutuhkan oksigen.

Sebagian besar orang Amerika sangat khawatir Covid-19. Dari mereka yang disurvei, 57 persen orang Amerika mengatakan mereka tidak setuju dengan sikap Trump terhadap pandemi Covid-19.

Di satu sisi, Trump mengatakan dia merasa jauh lebih baik saat ubu berkat terapi. Dalam video berdurasi 4:02 menit yang direkam di Rumah Sakit Walter Reed pada Sabtu (3/10), Trump menyatakan bahwa dia mulai merasa baik dan bakal bisa segera beraktivitas.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru