WHO: Warga Dunia yang Terinfeksi Covid-19 Bisa Capai 750 Juta Orang

KalbarOnline.com – Data atau angka penderita Covid-19 yang tercantum saat ini adalah hanya puncak gunung es atau yang terlihat di permukaan. Sesungguhnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angkanya diprediksi jauh lebih banyak dari itu.

“Diperkirakan 750 juta atau 10 persen dari populasi dunia, telah terinfeksi oleh Covid-19,” kata pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Mike Ryan seperti dilansir dari Irish Times, Minggu (4/10).

Meski, memprediksi 10 persen populasi dunia terinfeksi, WHO justru lebih mengkhawatirkan nasib 90 persen orang yang tidak mengidap penyakit tersebut.  “Masalahnya ada lebih dari enam miliar yang tersisa. Di situlah letak masalah kami,” ujarnya kepada webinar yang diselenggarakan oleh Royal Irish Academy (RIA) berjudul Learning from Pandemics: a Century of Experience.

Dr Ryan memperkirakan dunia berada dalam perjalanan yang sangat berat selama 8 atau 9 bulan ke depan. Sebab saat ini semua menunggu vaksin.

Baca Juga :  Warga Korsel Meninggal Usai Suntik Vaksin Flu Bertambah, Kini 13 Orang

“Namun vaksin bukan peluru utama, tetapi alat tambahan yang harus ditambahkan dalam strategi komprehensif untuk melawan penyakit ini,” paparnya.

Namun, dia mengkritik kurangnya tanggapan global terhadap rencana untuk mengumpulkan dana dalam program akselerator Covid-19. Padahal itu sangat diperlukan menghasilkan alat diagnostik dan vaksin ketika tersedia untuk menangani virus. Dana tersebut harys cukup agar semua bisa mendapatkan akses mendapatkan vaksin.

Baca Juga :  Pontianak Segera Bentuk Satgas Covid-19 Tingkat RT

“Dengan USD 32 miliar kami dapat mengembangkan vaksin secara adil untuk semua orang di dunia,” katanya.

Dr Ryan mengatakan negara-negara miskin harus mendapatkan akses yang adil. Dia berharap semoga setiap negara bisa menangani epidemi ini dengan sistem manajemen yang lebih baik.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment