Jaga Jarak Ampuh Cegah Penularan Covid-19 Hingga 85 Persen

KalbarOnline.com – Hingga kini vaksin Covid-19 belum ditemukan. Maka pencegahan paling ampuh adalah dengan mematuhi protokol 3M yaitu Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan. Selain masker, menjaga jarak untuk mencegah droplet yang mengandung virus Korona juga diyakini efektif.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, kunci utama untuk memutus mata rantai Covid-19 adalah pelaksanaan 3M. Akan tetapi kepatuhan protokol kesehatan dapat lebih efektif cegah penularan jika dilakukan kolektif, tak bisa sendiri.

Baca Juga :  Patuhi WHO, Wiku : Tak Ada Rencana Ubah Definisi Kematian Covid-19

“Maka itu dibutuhkan kerja sama masyarakat dengan saling ingatkan patuhi protokol kesehatan. Apabila kita sendiri patuh pada protokol kesehatan jangan lupa ingatkan kepada orang lain untuk patuhi seperti kita,” katanya dalam konferensi pers.

  • Baca Juga: Soal Kehalalan Vaksin Covid-19, BPOM Diminta Koordinasi dengan MUI

Menurut Prof Wiku dari hasil penelitian beberala jurnal internasional mengatakan bahwa cuci tangan dengan sabun daoat menurunkan risiko penularan sebanyak 35 persen. Dan memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebanyak 45 persen. Sedangkan pakai masker bedah dapat menurunkan risiko penularan 70 persen.

Baca Juga :  Vaksin yang Manjur Tiba, Singapura Segera Vaksinasi 5,5 Juta Penduduk

“Paling utama menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan risiko penularan sampai 85 persen,” jelasnya.

Prof Wiku mengajak masyarakat yakin bahwa setiap usaha dalam berperang melawan Covid-19 akan membuahkan hasil. Asalkan dilakukan dengan kompak.

“Asalkan kita konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku, protokol kesehatan disiplin dan dilakukan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Comment