Satgas Covid-19 Gandeng Influencer Sosialiasi Adaptasi Kebiasaan Baru

KalbarOnline.com – ‎Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Turro Wongkaren mengatakan saat ini pihaknya menggandeng influencer untuk melakukan sosialisasi mengenai perubahan perilaku saat pandemi Covid-19. Perubahan perilaku tersebut dengan melaksanakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ini yang akan terus disosialisasikan oleh para influencer.

“Kita mengumpulkan influencer untuk selain memberikan informasi, juga mengingatkan ke masyarakat. Misalnya pakai masker yang benar, ini sedang dilakukan,” ujar Turro dalam diskusi yang diselenggarakan BNPB di Jakarta, Kamis (1/10).

Baca Juga :  Telkomsel Bebaskan Kuota Data Akses Situs Resmi Pemerintah Covid-19

Turro mengatakan, Satgas Covid-19 juga meminta para influencer melakukan empat strategi sosialisasi. Pertama adalah pemberian informasi yang benar, kedua mengingatkan, ketiga adalah intensif strategi, dan keempat adalah sanksi.

“Jadi kita harapkan empat strategi ini bisa mengubah perilaku masyarakat,‎” katanya.

Oleh sebab itu, dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk bisa dilakukan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus Korona di Indonesia. “Jadi kalau tidak melakukan protokol kesehatan, orang akan bisa kena Covid-19,” ungkapnya.

Baca Juga :  Nasional: Ada 3.444 Kasus Baru Covid-19, Jakarta Sumbang Sepertiganya

Selain itu, masyarakat juga perlu beradaptasi dengan virus Korona. Karena dimungkinkan masyarakat dalam waktu cukup lama akan berdampingan dengan virus yang berasal‎ dari Tiongkok tersebut.

Menurut Turro, perubahan perilaku masyarakat adalah cara ampuh untuk bisa terhindar dari virus Korona yang saat ini menjadi pandemi. “Covid ini untuk waktu yang lama akan bersama kita. Jadi membiasakan diri mengubah cara hidup kita secara keseluruhan,” pungkasnya.

Comment