Categories: Nasional

Menko Airlangga: Pilkada Tak Berkaitan dengan Kenaikan Kasus Covid-19

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dapat mendorong perputaran ekonomi lebih banyak lagi di daerah-daerah. Selain itu, pelaksanaan Pilkada juga mampu menyerap banyak tenaga kerja.

“Diharapkan akan ada sirkulasi dana baik dari calon-calon yang ikuti pilkada maupun dana penyelenggaraan pilkada oleh KPU, Bawaslu,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (2/10).

Airlangga mengungkapkan, jumlah potensi perputaran uang dari Pilkada serentak dapat mencapai sekitar Rp 25 triliun sampai Rp 26 triliun. “Untuk biaya penyelenggaraannya yang Rp 19 triliun tentu menggunakan banyak sekali tenaga kerja yang nanti dilibatkan untuk penyelenggaraan,” ucapnya.

Sementara, mengenai dampak peningkatan kasus Covid-19 yang belakangan terjadi, Ia mengatakan tidak ada hubungannya dengan pelaksanaan Pilkada. Sebab, beberapa daerah termasuk DKI tidak lakukan pilkada namun angkanya merangkak meningkat.

“Sehingga tentu Pilkada tidak berkaitan langsung dengan kenaikan positive rate. Namun yang terkait langsung adalah kedisiplinan masyarakat,” tuturnya.

Dengan demikian, Airlangga menegaskan, pemerintah terus mendorong sosialisasi serta operasi kedisiplinan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker (3M).

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

PKK Kalbar Apresiasi Pemkab Kubu Raya, Jadi yang Pertama Tindak Lanjuti Program Salam Kating

KalbarOnline, Kubu Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalimantan Barat (Kalbar), Windy…

2 mins ago

Inspeksi Bunda Genre, Windy Minta Remaja Putri Disiplin Konsumsi Tablet Penambah Darah

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar),…

4 mins ago

Pemprov Kalbar Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari…

6 mins ago

Harisson Pastikan Kesejahteraan Para Guru di Kalbar Terpenuhi

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya memperhatikan…

12 hours ago

Sinergitas Bersama BNN dan Pemprov Kalbar, Putus Mata Rantai Narkoba

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI), Marthinus Hukom melaksanakan audiensi…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Minta Bupati Ketapang dan KKU Lebih Serius Kendalikan Inflasi

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson meminta kepada Bupati Ketapang dan Pj…

13 hours ago