Kunci Penting yang Harus Dilakukan Agar Mobil Hemat BBM

KalbarOnline.com – Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi ditambah biaya hidup makin meningkat membuat kita mengecangkan ikat pinggang. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang (pandemi covid-19) bagi Anda yang selalu beraktivitas menggunakan mobil harus berhemat.

Salah satu jalan agar pengeluaran keuangan tak bertambah bengkak Anda harus menjadikan kendaraan Anda irit BBM. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat isi kantong Anda tidak makin terkuras dengan tahu cara menghemat BBM untuk mobil Anda.

Hal yang paling mudah dilakukan adalah memperbaiki cara mengemudi. Selain itu ada juga hal lain yang harus diketahui yaitu perbaikan agar mesin tidak terlalu menguras bahan bakar.

Jangan Memanaskan Mesin Mobil Terlalu Lama

Sbelum menggunakan mobil pertama beraktivitas dipagi hari, mobil memang harus dipanaskan sebelum dipakai berkendara. Banyak yang beranggapan semakin lama, maka kondisi mobil akan semakin prima saat digunakan.

Padahal, mobil-mobil sekarang sudah semakin canggih dan tak butuh waktu lama untuk panas. Justru bila mobil didiamkan menyala dalam waktu lama, bensin yang ada di dalamnya akan terbuang sia-sia.

Hindari Pengereman yang Terlalu Sering

Seringnya melakukan pengereman ternyata berkorelasi dengan konsumsi BBM mobil. Semakin sering Anda menginjak pedal rem, maka semakin besar pula bahan bakar yang terbuang sia-sia.

Baca Juga :  Mitsubishi Resmi Ungkap Eclipse Cross Baru, Lebih Sporty dan Radikal

Mesin jadi bekerja lebih berat dalam berakselerasi sehingga bahan bakar yang disedot lebih banyak. Sebaiknya gunakan mobil dengan kecepatan yang relatif konstan sehingga dapat menghindari mobil tanpa harus menginjak rem.

Selain itu, jagalah kaki Anda agar tak menggantung di pedal rem. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengurangi penggunaan rem yang sebenarnya tak terlalu diperlukan.

Carilah Rute yang Relatif Tak Macet

Masih terkait dengan cara di nomor dua, agar tak sering melakukan pengereman, carilah jalan yang relatif tak macet ketika akan berkendara. Anda dapat mencari rute-rute alternatif tersebut dari aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze.

Angin Ban Tidak Boleh Kurang

Semakin berat mesin bekerja, maka bahan bakar yang dapat terkuras juga berbanding lurus. Nah, salah satu hal dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat adalah ban yang kempes. Terdengar sepele ya, namun ini tidak boleh dibiarkan apalagi Anda yang mengendarai mobil bertransmisi matic.

Baca Juga :  Dua Merek Jepang Masih Mendominasi Penjualan Pick Up di Indonesia

Periksalah tekanan angin pada ban mobil Anda secara berkala untuk menghindari terkurasnya bensin mobil. Bila tekanannya di bawah angka yang disarankan, lakukan pengisian ulang sesegera mungkin. Menghemat BBM yang paling praktis.

Jauhkan dari Tempat Parkir yang Panas

Jangan memarkirkan mobil di tempat yang panas, kebiasaan Anda ini dapat membuat bensin di dalam tangki cepat menguap. Jadi, mulai dari sekarang coba cari tempat teduh saat memarkirkan mobil Anda.

Jangan Beri Muatan Berlebih

Tidak memberi muatan berlebih pada mobil misalnya dengan menaruh barang terlalu banyak di bagasi atau memuat orang lebih dari kapasitasnya terlalu sering.

Hal ini akan membuat mobil kesayangan sulit berakselerasi sehingga mesin bekerja lebih berat. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan pun jadi semakin boros.

Pilihlah Oli Jenis Sintetis

Agar lebih hemat bahan bakar, Anda dapat menggunakan oli jenis sintetis untuk mobil. Penggunaan oli jenis ini dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 5%. Selain itu Anda pun tidak perlu melakukan ganti oli jika menggunakan jenis sintetis.

Comment