Adik Perempuan Kim Jong Un Kembali Muncul Usai Menghilang 2 Bulan

KalbarOnline.com – Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kembali muncul ke publik untuk pertama kali. Kemunculannya disebarkan oleh media pemerintah. Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir, Kim Yo Jong menghilang.

Beredar spekulasi bahwa menghilangnya Kim Yo Jong dipicu karena kekuasaannya berkurang setelah dia bertanggung jawab terkait serangkaian ancaman terhadap Korea Selatan. Kim Yo Jong dikabarkan dihukum dan disembunyikan dari publik.

Baru-baru ini Kim Yo Jong terlihat menemani Kim Jong Un dan pejabat tinggi lainnya saat mereka memeriksa pekerjaan rekonstruksi yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh banjir.

Baca Juga :  Satu Lagi Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Menjanjikan, Cukup Satu Dosis

Kim Jong Un sebelumnya juga jarang terlihat di depan umum beberapa bulan lalu. Dia dirumorkan kritis usai menjalani operasi jantung dan sempat dikabarkan meninggal dunia. Terakhir, dia sempat diisukan bersembunyi untuk menghindari virus Korona.

Seperti dilansir dari New York Post, Kim Yo Jong sebelumnya memimpin serangkaian provokasi terhadap Korea Selatan. Terbaru pada Juni lalu, ketika Korut meledakkan kantor penghubung bersama di utara perbatasan yang dibangun pada 2018 sebagai simbol rekonsiliasi antara kedua negara yang secara teknis masih terkunci.

Pada Juli, Kim Yo Jong mengeluarkan pesan yang mengatakan bahwa Korea Utara tidak berniat mengadakan pertemuan lagi dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, meminta dia untuk berhenti menerapkan sanksi terhadap negara. Kemudian pada Agustus, dia tidak muncul di dua pertemuan penting Partai Buruh yang berkuasa.

Baca Juga :  Kim Jong-un Perintahkan Pengetatan Sistem Darurat Anti-Covid-19

Sejak saat itu muncul teori bahwa keputusannya tidak disukai banyak pihak. Namun, analis Politik Rachel Minyoung Lee, yang juga mantan pegawai pemerintah AS yakin bukan hal itu pemicunya.

“Kita memang tidak akan pernah tahu apa yang terjadi selama dua bulan terakhir sehingga Kim Yo Jong absen di depan publik, tapi saya tidak percaya dia dihukum,” tegas Lee.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment