5 Minuman yang Aman untuk Orang dengan Diabetes

Orang dengan diabetes harus waspada terhadap apapun yang dimakan atau minum. Termasuk mengetahui jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dan bagaimana pengaruhnya terhadap gula darah.

The American Diabetes Association (ADA) sendiri merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori untuk individu dengan diabetes untuk mencegah lonjakan gula darah.

Baca juga: Miliki Indeks Glikemik Rendah, Apa Saja Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes?

Minuman yang Aman untuk Orang dengan Diabetes

Lalu apa saja minuman yang aman untuk dikonsumsi oleh orang dengan diabetes? Baca terus untuk tahu jawabannya.

1. Air putih

Air putih adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes untuk menghidrasi tubuh karena air putih tidak akan menaikkan kadar gula darah. Selain itu, minum cukup air dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine.

Institute of Medicine merekomendasikan laki-laki minum 3,08 liter air per hari sedangkan perempuan minum 2,13 liter air per hari. Selain meminum air dalam bentuk murni, kamu juga bisa membuat variasi dengan menambahkan irisan buah-buahan atau rempah-rempah. Cara tersebut mampu menambah rasa dan aroma air tanpa menambahkan kalori.

2. Teh

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau memiliki efek positif pada kesehatan secara umum, termasuk membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Penelitian dalam Annals of Internal Medicine juga menunjukkan bahwa minum hingga 6 cangkir teh sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Akan tetapi, kamu harus menghindari teh yang mengandung gula tambahan agar teh tetap menyehatkan.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Kebut Target Penurunan Stunting

Baca juga: 5 Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Susu rendah lemak

Produk susu termasuk makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Produk susu tidak hanya mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh, tetapi juga karbohidrat. Menurut laman Diabetes, bagi orang dengan diabetes atau berisiko diabetes, pilihlah versi susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim. Akan tetapi, hindari susu kedelai atau beras karena jenis susu tersebut tinggi akan karbohidrat, sehingga tidak baik bagi orang dengan diabetes.

4. Jus sayuran

Sebagian besar jus yang dijual di pasaran mengandung gula dengan jumlah yang tinggi sehingga tidak disarankan untuk individu dengan diabetes. Akan tetapi, kamu tetap bisa mengonsumsi jus dari sayuran yang kamu buat sendiri. Umumnya, sayuran kaya akan nutrisi tetapi rendah karbohidrat, sehingga cocok untuk orang dengan diabetes.

Kamu bisa membuat jus dari sayuran hijau, seledri, atau mentimun dengan tambahan buah untuk menambah cita rasa. Akan tetapi, batasi jumlah buah yang kamu masukkan agar asupan karbohidrat tidak berlebihan.

Baca juga: Cara Menurunkan Gula Darah dengan Jus Sayuran

5. Kopi

Baca Juga :  Hospital Expo Ajang Pamerkan Produk dan Layanan Rumah Sakit di Kalbar

Dikutip dari situs American Diabetes Association, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Sebab, senyawa dalam kopi yang disebut asam klorogenat tampak memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah.

Akan tetapi, penelitian lain menunjukkan bahwa bagi individu yang sudah menderita diabetes, kopi dapat meningkatkan gula darah atau membuat tubuh bekerja lebih keras untuk memprosesnya.

Jadi kesimpulannya, boleh tidaknya konsumsi kopi tergantung pada bagaimana kopi memengaruhi gula darah individu. Yang pasti, individu dengan atau berisiko diabetes harus menghindari kopi dengan gula, krim, dan susu karena dapat meningkatkan gula darah dan berat badan. Selain itu, batasi asupan kopi hingga tiga cangkir sehari.

Demikianlah minuman yang aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes. Secara umum, kriteria minuman yang aman bagi individu dengan atau berisiko diabetes tidak jauh-jauh dari nol kalori, tidak mengandung pemanis, dan alami.

Bagi orang dengan diabetes, minuman dapat menyebabkan lonjakan glukosa dan masalah lainnya. Tapi, dengan membuat pilihan bijak, penderita diabetes dapat mengelola kondisi mereka dan mengurangi risiko komplikasi.

Baca juga: Kenali Komplikasi Diabetes Sejak Dini

Sumber:

Care.diabetesjournals.org,

Healthline.com. Drinks for diabetic

Pubmed.ncbi.nml.nih.gov. Diabetes

Diabetes.org.uk. Dairy and diabetes

Thehealthy.com. Best worst drinks for diabetics

Comment