UEA Berencana Luncurkan Misi Eksplorasi Bulan

KalbarOnline.com – Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan rencana untuk misi eksplorasi Bulan. Mereka mengonfirmasi rencana untuk mengirim penjelajah bulan ke Bulan pada tahun 2024 untuk menjelajahi daerah yang sebelumnya tidak tersentuh oleh misi manusia.

Jika UEA berhasil mendaratkan penjelajah di permukaan bulan, maka mereka akan menjadi negara keempat di Bumi yang melakukannya. Negara-negara lain yang tercatat telah melakukan misi eksplorasi ke bulan antara lain Amerika Serikat (AS), Rusia, dan Tiongkok.

Kantor Media Dubai mengatakan bahwa UEA akan mengirimkan unit wahana penjelajah khusus ke Bulan. Itu akan menjadi bagian integral dari misi negara kaya minyak itu yang lebih luas untuk membangun pemukiman pertama di Mars pada tahun 2117.

Baca Juga :  Penelitian di Belanda Sebut Orang Bisa Terpapar Korona hingga 17 Kali

Wahana eksplorasi tersebut akan diberi nama ‘Rashid’ yang mengutip nama dari ayah dari penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dan merupakan langkah terbaru untuk program luar angkasa Emirat. Program ini dilaporkan telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dengan sebuah wahana telah meluncur melalui luar angkasa dalam perjalanannya ke Mars, dan tahun lalu UEA mengirim astronot pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

“Kami telah meluncurkan proyek Emirat baru untuk menjelajahi bulan,’ jelas pemimpin UEA Sheikh Mohammed di Twitter. Wahana ini akan diluncurkan pada tahun 2024, tahun yang sama AS diharapkan untuk mengirim wanita pertama dan pria berikutnya untuk mendarat di permukaan Bulan.

Baca Juga :  Pusat Hiburan Picu Kerumunan Saat Pandemi, 24 WN Singapura Ditangkap

Sheikh Mohammed juga mengatakan bahwa penjelajah akan mencakup ‘area yang belum terjangkau dalam misi eksplorasi sebelumnya’. Rincian spesifik penjelajah, di luar ukurannya dan lokasi pendaratan yang diproyeksikan, belum diungkapkan oleh badan antariksa UEA.

Namun, mereka mengonfirmasi bahwa wahana penjelajah akan membawa dua kamera beresolusi tinggi, kamera mikroskopis, kamera pencitraan termal, sebuah probe dan perangkat lainnya.

Penguasa itu tidak merinci lokasi yang direncanakan UEA untuk dijelajahi, atau bagaimana mereka akan meluncurkan penjelajah ke luar angkasa. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment