by

Pijat Kesehatan di Muka, Yuk! Berikut Caranya!

Gengs, apakah Kamu merasa nyaman saat wajah dipijat? Well, pijatan di wajah memang dapat memberikan rasa nyaman dan rileks, sama seperti pijat bahu atau punggung. Bagaimana pun, wajah kita penuh dengan otot yang kita gunakan untuk segala hal, seperti berbicara, makan, berpikir, dan merespon stres.

Jadi, masuk akal rasanya apabila Kamu ingin menghilangkan ketegangan pada otot yang terlalu banyak bekerja dengan memijat wajah.

Pijat wajah merupakan teknik kecantikan terapeutik. Dianggap sebagai cara terbaik untuk mengendurkan dan menenangkan kulit. Pijatan tersebut juga akan memberikan wajah yang sehat dan bercahaya.

Pijat muka juga merangsang produksi kolagen, lho! Kolagen merupakan protein alami yang menjaga elastisitas kulit wajah tetap kencang, mengurangi kerutan, dan mempertahankan kelembapan. Seiring bertambahnya usia, kolagen di wajah akan rusak dan meninggalkan garis-garis serta kerutan setelahnya. Dengan merangsang pertumbuhan kolagen dan mencegah kerusakannya, pijat muka dapat membuat kulit Kamu tampak lebih muda.

“Pijat muka meningkatkan sirkulasi yang mengoksidasi jaringan. Juga menstimulasi sistem limfatik yang bertanggung jawab memberikan nutrisi segar ke kulit. Dampaknya, kulit Kamu akan terlihat lebih segar dan bisa menghilangkan pembengkakan di wajah. Jadi, luangkan waktu setiap hari untuk memijat wajah, setidaknya lima menit,” kata Joanna Vargas, ahli kecantikan.

Menariknya nih, Kamu bisa melakukan pijat wajah di rumah lho! Jadi, gak usah repot-repot pergi ke salon atau pusat kesehatan untuk mendapatan pijatan di wajah. Cukup luangkan waktu sejenak dan ikuti step by step gerakan di bawah ini dan wajah Kamu akan lebih sehat dan juga segar, Geng Sehat!

Baca juga: Pijat saat Keseleo, Apakah Boleh?

Cara Melakukan Pijat Muka

Perlu diketahui bahwa, ada beberapa cara yang dapat Kamu gunakan saat memijat muka.

– Dengan jari tengah dan jari manis dalam gerakan melingkar ke atas. Menggunakan jari dan telapak tangan dalam gerakan menyapu ke atas. Dengan jari tangan, mengetuk lembut (gerakan seperti bermain piano atau mengetik) di sekitar garis rahang. Atau, menarik lembut jari tangan dari dagu ke telinga.

“Apapun gerakan memijat muka yang Kamu lakukan, jangan lupa untuk selalu melawan gravitasi, daripada memijat kulit ke bawah, serta dari dalam ke luar untuk mendorong penumpukan cairan. Walaupun memijat muka, jangan sampai meregangkannya,” jelas Joanna.

– Jika melakukan pijat muka seperti di salon, cobalah untuk mengukus atau penguapan wajah terlebih dahulu agar melembutkan pori-pori. “Apabila ingin mengencangkan kulit, lakukan gerakan yang dalam dan menstimulasi. Namun, apabila Kamu memiliki kulit sensitif, rentan berjerawat, atau berminyak, disarankan untuk melakukan pijatan ringan dengan sedikit tekanan. Tapi, pijatan dengan tekanan di sekitar mata jangan terlalu lama karena bagian tersebut sangat lembut,” beber Joanna.

– Untuk mengurangi mata bengkak, Kamu bisa melakukan pijat muka dengan gerakan lembut menekan dan menggulung dengan jari manis dari saluran air mata ke sudut luar mata. Saat memijat wajah, lakukan gerakan melawan gravitasi serta pertahankan gerakan ke atas dan ke samping yang bergerak dari tengah ke wajah dan tepi wajah Kamu.

– Pijat titik tekanan wajah didasarkan pada seni pijat Shiatsu kuno, suatu bentuk terapi fisik untuk tubuh. Teknik ini berasal dari Jepang, melibatkan penerapan tekanan ke titik-titik akupunktur di seluruh tubuh. Akupunktur adalah praktik pengobatan tradisional dari China yang didasarkan pada kepercayaan bahwa tubuh terbuat dari jalur energi yang terhubung ke berbagai organ dan bagian tubuh, di mana kesehatan seseorang dipengaruhi aliran energi ini.

Baca juga: Manfaat Pijat, Meredakan Sakit Kepala hingga Menghilangkan Insomnia

Cara Memijat Muka

  1. Oleskan sedikit minyak di muka untuk memudahkan jari-jari Kamu memijat wajah dengan mudah dan bisa meregangkan kulit. Jika Kamu memiliki kulit kering, gunakan minyak kelapa. Untuk kulit normal, pakai minyak almond dan untuk kulit berminyak, pakai minyak jojoba atau pelembap favorit Kamu.

  2. Lakukan pijatan di dekat sudut mulut. Dengan menggunakan ujung jari, buat gerakan melingkar yang rapat pada garis di kedua sisi mulut. Selalu berikan pijatan dengan menarik ke atas untuk membantu mengangkat kulit. Lakukan selama satu menit.

  3. Pijat area pipi. Lakukan gerakan melingkar untuk membantu mengencangkan dan mengangkat area ini. Berikan tekanan lembut saat jari-jari Kamu bergerak ke atas tulang pipi bagian dalam, lalu ke luar ke tepi wajah dan ke belakang. Lakukan selama satu menit.

  4. Pijat area mata. Posisikan jari-jari Kamu di lengkung alis, lalu usapkan di sekitar sudut luar mata. Gerakkan perlahan di bawah mata dan akhiri dengan jari-jari di sudut dalam mata. Lanjutkan di sepanjang sisi hidung dan sepanjang garis alis. Ulangi gerakan ini selama satu menit.

  5. Pijat dahi. Posisikan tangan Kamu di samping secara vertikal, dengan jari-jari menyentuh dahi. Lakukan gerakan zig-zag dengan menggerakkan satu tangan ke atas sementara tangan lainnya ke bawah, sehingga Kamu dengan lembut menarik kulit dahi ke atas dan bawah. Lakukan gerakan ini di seluruh dahi selama satu menit.

  6. Pijat lembut garis kerutan di wajah. Garis vertikal di bagian atas hidung Kamu bisa diminimalkan jika Kamu memijatnya secara horizontal. Posisikan jari Kamu secara horizontal di sepanjang garis kerutan. Pijat perlahan ke depan dan belakang untuk menarik kulit keluar dari posisi garis biasanya. Lakukan dua hingga tiga pijatan di area ini.

  7. Untuk mengakhiri pijatan di muka, lakukan semua gerakan sekali lagi.

Baca juga: Pijat Hamil Kurangi Risiko Komplikasi saat Melahirkan

Referensi:

Provision Aesthetics. The Pleasure of Facial Pressure Point Massage

Instyle. A Face Massage Might Be the Best Thing You Can Do For Yourself Today

BeBeautiful. Face Massage Benefits Your Skin In More Ways Than One. Here’s How!

Leyos. Does face massage have a real health benefits?

Comment

News Feed