Perilaku Disiplin 3M jadi Kunci Utama Menekan Penularan Covid-19

KalbarOnline.com – Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengingatkan masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena, kunci utama memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 adalah menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut kepatuhan terhadap protokol kesehatan secara dapat lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif dan tidak dilakukan sendiri.

Baca Juga :  Cegah Penularan Covid saat PTM, Siswa Harus Bawa Masker Cadangan

“Kalau kita sudah patuh pada protokol kesehatan, jangan lupa mengingatkan orang lain untuk patuh pada protokol kesehatan,” ujar Wiku kepada wartawan, Jumat (2/10).

Wiku menunjukkan bahwa beberapa jurnal internasional menyatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebesar 35 persen. “Sedangkan memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebesar 45 persen, memakai masker bedah dapat menurunkan risiko penularan sebesar 70 persen,” katanya.

Baca Juga :  RS Ummi Masih Rahasia Hasil Swab Rizieq, Tanyakan Langsung ke Keluarga

Yang paling utama tetap menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan risiko penularan sampai dengan 85 persen. Oleh karena itu, masyarakat harus yakin bahwa setiap usaha yang dilakukan saat ini akan membuahkan hasil.

“Asalkan konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan dilakukan secara sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Comment