Ezviz C3X, CCTV dengan Kecanggihan Dual Lens

KalbarOnline.com – Kini penggunaan CCTV atau kamera surveilans sudah tidak lagi menjadi hal baru di kalangan masyarakat. Saat ini, CCTV banyak ditemukan di rumah-rumah pribadi dengan alasan utama adalah keamanan dan fungsi pengawasan.

Penggunaan kamera CCTV selain itu fungsi utamanya juga adalah untuk meningkatkan perlindungan terhadap rumah dan seisinya. Di sisi lain, terdapat alasan-alasan khusus mengapa seseorang membutuhkan adanya CCTV.

Sayangnya, keinginan untuk memasang perangkat CCTV tidak dibarengi dengan pengetahuan yang tepat dalam memilih CCTV itu sendiri. Banyak orang tidak memahami sungguh-sungguh keunggulan yang ditawarkan dari sebuah CCTV atau seringkali memilih CCTV yang memiliki spesifikasi yang kurang.

Nah, kali ini, KalbarOnline.com kedatangan lagu satu perangkat CCTV untuk diulas. Khusus bagi kalian yang sedang mencari CCTV untuk dipasang di luar ruangan dengan mudah, perangkat ini mungkin cocok. CCTV ini adalah Ezviz C3X.

Berikut ulasannya:

Desain

Bentuk dari CCTV Ezviz C3X sebagai perangkat CCTV kekinian, perangkat kamera surveilans ini hadir dengan bentuk yang simple, futuristik, namun fungsional. Ezviz C3X yang ditujukan sebagai kamera luar ruangan ini tampaknya telah didesain sedemikian rupa untuk tahan di segala cuaca.

Cover dari perangkat CCTV ini dari segi material terbuat dari logam. Ini jelas kokoh mengingat fungsinya sebagai kamera surveilans luar ruang. Kamera ini juga semakin tangguh dengan memiliki peringkat keamanan IP67.

Ezviz C3X (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hal ini memungkinkan sang kamera mampu bertahan dari sengatan sinar matahari. Selain itu, kamera surveilans yang memiliki sertifikasi ketahanan IP67 juga tahan air hujan, bahkan salju hingga badai.

Instalasi

Banyak yang berpikir bahwa proses pemasangan kamera surveilans sangat sulit dengan diletakkan di area-area yang susah dijangkau seperti tinggi, sudut tajam atau kemiringan yang ekstrem. Untuk kamera ini, kendati fungsi utamanya adalah kamera CCTV luar ruang, perangkat ini sangat mudah dipasang.

Baca Juga :  Kasus Raffi Ahmad Jadi Pelajaran Pemerintah Dalam Libatkan Influencer

Tampak pada gambar, di area penampang kaki dari kamera CCTV ini hanya memiliki tiga buah lubang untuk sekrup. Pengguna cukup mudah jika ingin memasangnya sendiri, tinggal sesuaikan dengan area yang ingin dipasang, lubangi permukaan area CCTV dan tinggal mematenkannya dengan sekrup.

Jika sudah terpasang dengan kuat, area sudut pengambilan gambar bisa langsung disesuaikan sendiri dengan mudah. Hal itu lantaran kamera ini sudah dilengkapi dengan ball head untuk mengatur sudut kamera dengan sangat mudah seperti halnya ball head pada tripod kamera konvensional.

Spesifikasi

Beralih ke spesifikasi perangkat ini, kamera CCTV Ezviz C3X memiliki lensa ganda berukuran 4 mm f/1.6 dengan sudut pandang horizontal 89 derajat dan sudut pandang diagonal 106 derajat. Gambar yang dihasilkan pun memiliki resolusi maksimal dengan ukuran 1920 x 1080 piksel.

Beberapa hal tersebut memberikan hasil sensor gambar dengan kualitas Ultra-HD. Bagi ukuran CCTV, hal ini sudah sangat bagus tentunya. CCTV ini juga semakin lengkap dengan smart alarm yang cukup menarik.

Ezviz C3X, CCTV dengan Kecanggihan Dual Lens 2
Hasil pantauan kamera CCTV Ezviz C3X yang bisa dilihat di smartphone (1). (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Smart alarm yang terdapat pada perangkat ini mampu mendeteksi gerakan mulai dari bentuk manusia hingga bentuk kendaraan. Fitur tersebut dapat diprogram sesuai dengan audio yang diinginkan oleh sang pengguna dan dapat memberikan peringatan kepada tamu.

Ezviz C3X, CCTV dengan Kecanggihan Dual Lens 3
Hasil pantauan kamera CCTV Ezviz C3X yang bisa dilihat di smartphone (2). (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Selain hal-hal di atas, kamera CCTV ini juga memiliki fitur lampu sorot, pertahanan proaktif, komunikasi dua arah yang dapat dilakukan, sistem penyimpanan dengan Micro-SD dan gabungan teknologi cahaya rendah serta AI revolusioner.

Keunggulan-keunggulan tersebut yang pada akhirnya membuat Ezviz C3X ini menjadi kamera CCTV rumah paling canggih dan populer.

Fitur dan Performa

Ezviz C3X berdasarkan pengujian kami hadir dengan fitur dan aplikasi pendukung yang compact dan sangat mudah untuk dioperasikan. Fitur utama dari kamera surveilans ini antara lain adalah smart dual-lens atau dua lensa.

Kamera ini juga mendukung pengambilan gambar 1080 piksel full-HD video resolution, H.265 video compression technology dan konektivitas Wifi 2.4 GHz band transmission. Seperti sudah disinggung di atas, kamera ini juga dibekali dengan ketahanan bersertifikasi IP67 dust-and-waterproof, on-board Micro-SD card storage up to 256 GB dan simple management using the Ezviz App.

Baca Juga :  Ganjar Pastikan Rumah Sakit di Jateng Masih Aman untuk Pasien Covid-19

Seperti yang telah dijelaskan, perangkat ini memiliki dua lensa dengan ukuran 2 MP. Lensa pertama merekam kecerahan area dan lensa lainnya menangkap informasi warna.

Hasil dari kedua lensa tersebut tergabung melalui teknologi algoritma eksklusif dari Ezviz sehingga memberikan hasil dengan detail dan warna yang lebih realistis. Itulah mengapa kamera ini sangat cocok digunakan di luar ruangan meski di area yang minim cahaya sekalipun.

Ezviz C3X juga mampu mendeteksi gerakan secara real time. Pengguna dapat memilih area tertentu yang ingin dilindungi melalui aplikasi Ezviz. Ezviz C3X akan membantu mendeteksi area yang ditentukan dan melindunginya dari objek yang memasuki area tersebut.

Pada momen inilah fitur smart alarm dan lampu sorot berfungsi untuk memberikan peringatan kepada objek yang memasuki area milik pengguna. Tentu saja, pengguna mendapatkan notifikasi secara otomatis melalui aplikasi Ezviz.

Bagi kalian yang mungkin mengkhawatirkan ruang penyimpanan dari perangkat ini, tenang saja. Pasalnya, perangkat ini memiliki teknologi kompresi video terbaru yang memungkinkan kualitas hasil gambar tetap jernih dan tetap menghemat ruang penyimpanan datanya.

Kesimpulan

Ezviz C3X patut menjadi pilihan utama dalam memilih CCTV luar ruangan. Selain didesain untuk tahan banting di segala cuaca, spesifikasi yang lebih dari cukup serta dukungan performa yang luar biasa memungkinkan keamanan rumah terkendali.

Mengingat bahwa perangkat ini adalah perangkat tercanggih pertama yang memberikan dua lensa, Ezviz C3X menurut pengujian kami selama beberapa hari terbilang sangat-sangat menjawab kebutuhan bagi para calon penggunanya.

Comment