Survei SMRC: Benyamin-Pilar Unggul Jauh Dari Kontestan Lain di Pilkada Tangsel

PENAPOLITIKA.COM – Dukungan masyarakat untuk pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan, semakin kuat. Dari beragam hasil survei, elektabilitas pasangan Benyamin-Pilar selalu mengungguli dua kandidat lainnya.

Terbaru, salah satu surat kabar di Tangsel Satelit News, memberitakan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Bulan Agustus 2020 dimana elektabilitas Benyamin Davnie mencapai 38,8 persen. Perolehan kandidat nomor urut tiga ini jauh mengungguli dua kandidat lainnya.

Sementara calon walikota Muhamad ternyata mendapatkan elektabilitas sebesar 17,5 persen. Artinya, ada selisih sebesar 21,3 persen dari Benyamin Davnie. Berikutnya elektabilitas calon walikota Siti Nur Azizah hanya memperoleh 10,9 persen, berjarak 27,9 persen dari Benyamin Davnie.

Baca Juga :  Polda Banten Terima CSR Dua Unit Ambulance dari Bank BRI Serang

Temuan hasil survei SMRC yang diwartakan Surat Kabar Satelit News mengutip potongan silde survei SMRC yang beredar di kalangan terbatas. Survei dilakukan pada Agustus 2020. Dalam potongan slide tersebut, terlihat jelas elektabilitas Benyamin Davnie jauh lebih unggul dari dua kandidat lainnya.

Pada umumnya, seperti diberitakan Satelit News, survei yang dilakukan SMRC biasanya dengan melakukan wawancara kepada 800 sampai 1.000 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Baca Juga :  Bukan ke Sandiaga, DPD Gerindra DKI Bulat Dukung Prabowo Menjadi Ketua Umum

Jika melihat hasil survei SMRC sebelumnya, diperoleh dari mesin pencarian Google, terjadi peningkatan signifikan terkait elektabilitas pasangan Benyamin-Pilar. Survei SMRC kepada warga Kota Tangsel yang dilakukan pada periode 14-21 Maret 2020, diketahui Benyamin Davnie mendapatkan dukungan hingga 13,3 persen.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan Muhamad hanya mendapatkan 6,3 persen, dan elektabilitas Azizah sekadar 1,5 persen. Artinya, dalam kurun waktu lima bulan, elektabilitas Benyamin meningkat hingga 25,5 persen. [ind]

Comment