Hati-hati, Ini Tandanya Kamu Stres dalam Hubungan!

Setiap hubungan tentu memiliki kondisi pasang surut. Momen-momen indah bersama pasangan pasti membuat Kamu bahagia. Sementara, fase yang sulit bisa memicu perdebatan hingga stres.

Ya, stres dalam hubungan bukanlah hal yang bisa dihindari. Akan ada masanya Kamu atau pasangan berada pada momen ini. Akan tetapi, jika Kamu terlalu sering mengalami stres dalam hubungan, mungkin sudah saatnya untuk segera mengambil tindakan.

Baca juga: Tips Hubungan Makin Harmonis dalam 14 Hari

Tanda-tanda Stres dalam Hubungan

Langkah pertama untuk mengatasi stres dalam hubungan adalah dengan memahami dan menerima bahwa saat ini memang ada gesekan antara Kamu dan pasangan. Stres dalam hubungan bisa tampak melalui tanda-tanda berikut ini:

1. Kamu menjadi mudah tersinggung

Kamu sering merasa kesal dengan semua yang dilakukan oleh pasanganmu. Kamu tidak bisa menerima sikap manis dan kebaikan pasangan, tetapi Kamu juga tidak suka ia mengabaikanmu. Semakin tinggi tingkat stresmu dalam hubungan tersebut, semakin besar pula kemungkinan untuk merasa tersinggung dan terganggu oleh sikap pasangan.

2. Komunikasi yang semakin sedikit

Ketika Kamu merasa stres dan cemas, pikiranmu mungkin akan terganggu, begitu pula komunikasi dengan pasangan. Kamu akan sulit mengidentifikasi apa yang sebenarnya Kamu inginkan dan tidak memiliki hasrat untuk mendengarkan orang lain.

3. Kamu tidak bisa melihat harapan dalam hubunganmu

Stres benar-benar dapat menguji kepercayaanmu terhadap pasangan. Kamu mungkin akan mulai merasa dan memandang bahwa hubunganmu saat ini adalah suatu kegagalan dan kesalahan terbesar dalam hidupmu.

Baca Juga :  Pacaran Dengan Berondong Membuat Awet Muda, Kenapa Ya?

4. Kamu mulai tertarik dengan orang lain

Kecemasan dan stres dapat membuatmu mendambakan hubungan yang lebih indah sesuai harapanmu. Perasaan inilah yang akhirnya akan menuntunmu untuk berhubungan dengan orang lain dan mengabaikan hubungan yang masih Kamu jalani saat ini.

5. Terlalu sering menggunakan handphone dan media sosial

Ketika stres membebani pikiran, ada rasa ketidakpuasan dalam hubunganmu. Hal ini akhirnya membuatmu cenderung mencari hiburan dan kesenangan di tempat lain, salah satunya melalui handphone dan media sosial.

6. Kamu selalu memandang hal secara negatif

Kamu sering memandang banyak hal secara negatif dalam hubungan, terutama yang berhubungan dengan pasanganmu. Apa pun yang ia katakan atau lakukan, bagimu semuanya terasa salah. Kamu bahkan berpikir bahwa apa yang ia katakan dan lakukan hanya bertujuan untuk menyesatkan, merendahkan, atau memanipulasi dirimu.

Baca juga: Ini 6 Pertanda Manipulasi dalam Hubungan

Penyebab Stres dalam Hubungan

Stres dalam hubungan tentu tidak akan muncul begitu saja. Ada beberapa faktor yang memicu kondisi ini, di antaranya:

1. Kritik

Jika pasangan terus menerus mengkritik, berkata kasar, atau meremehkan, itu bisa memengaruhi psikologis seseorang. Akibatnya, Kamu mungkin akan kehilangan kepercayaan diri dan lama-kelamaan menjadi stres.

2. Tekanan kerja

Masalah di tempat kerja, deadline yang mendesak, atau ketidakcocokan dengan rekan kerja bisa memengaruhi kehidupan pribadi, termasuk hubunganmu dengan pasangan.

3. Masalah keuangan

Keuangan rumah tangga yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bisa menimbulkan perasaann stres dalam setiap hubungan.

Baca Juga :  Ini Tandanya Kamu Berada dalam Hubungan yang Stabil dan Bahagia

4. Kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi

Pasangan yang tidak bisa saling memenuhi kebutuhan emosional akan memicu perasaan tidak nyaman, yang berakhir pada munculnya stres.

5. Kurangnya penghargaan dari pasangan

Kamu mungkin sudah melakukan segalanya untuk pasangan dan juga hubunganmu, tetapi pasanganmu seakan tidak pernah melihat dan menghargainya. Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu stres dalam hubungan karena Kamu tidak lagi merasa dicintai dan diperhatikan.

6. Perbedaan pendapat

Pertengkaran yang sering terjadi hanya karena hal-hal kecil bisa menciptakan ketakutan. Kamu merasa bahwa pasangan tidak akan pernah menyetujui segala ucapanmu.

7. Penyakit

Penyakit orang tua, anak-anak, pasangan, atau diri sendiri yang berlangsung lama bisa menimbulkan stres dalam hubungan.

8. Masalah seksual

Kurangnya hubungan seks dapat mengurangi keintiman dan kebahagiaan dalam hubungan yang akhirnya memicu stres.

9. Perselingkuhan

Perselingkuhan tentu akan menimbulkan rasa ketidakpercayaan dan luka yang teramat menyakitkan. Hal ini bisa memicu terjadinya stres dalam hubungan.

Stres bisa terjadi pada siapa saja dan dalam kondisi apa pun, termasuk dalam hubungan. Oleh karena itu, segera bicarakan dengan pasangan jika Kamu mulai mengalami tanda-tandanya. Membiarkan stres berlarut-larut dalam hubungan hanya akan semakin memperburuk keadaan dirimu, pasangan, dan juga hubunganmu. (AS)

Baca juga: 8 Mitos yang Tidak Sehat Seputar Hubungan Asmara

Referensi

Mom Junction. “Stress In Relationship: What Are Its Signs And How To Deal With It“.

Comment