6 Makanan yang Mirip Organ Tubuh Beserta Manfaatnya

Semua orang tahu bahwa mengonsumsi makanan sehat membantu mencapai tubuh yang kuat. Tapi ternyata ada hal yang lebih menarik nih, Gengs. Ada beberapa makanan yang mirip organ tubuh manusia, dari segi bentuknya. Enggak hanya itu, makanan-makanan ini memiliki manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk organ tubuh yang menyerupainya.

Apa saja makanan yang mirip orang tubuh manusia tersebut? Langsung aja baca di bawah ini ya, Gengs!

Baca juga: Lupakan Nasi Uduk, Ganti dengan 9 Makanan Sehat untuk Sarapan

6 Makanan yang Mirip Organ Tubuh

Berikut merupakan deretan makanan sehat yang mirip organ tubuh:

1. Wortel = Mata

Cobalah potong wortel secara bulat, Kamu akan menyadari bahwa sayuran ini mirip mata. Di dalam potongan wortel berbentuk bulat tersebut ada pola seperti garis melingkar yang juga menyerupai pupil dan iris mata.

Nah, makanan yang mirip organ tubuh mata ini ternyata memang benar-benar baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti beta karoten, yang menurunkan risiko degenerasi makular. Degenerasi makular adalah penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang lanjut usia.

2. Jahe = Perut (Lambung)

Saat sedang mual atau sakit perut, mungkin Kamu sering mendengar rekomendasi untuk minum air jahe untuk meredakan kondisinya. Memang benar, jahe memiliki afek anti-mual. Jadi, tidak heran jika jahe bentuknya mirip lambung.

Menurut ahli, jahe mengandung gingerol, yaitu merupakan senyawa di dalam jahe yang membuat rasa dan aromanya menyengat. Gingerol mengandung bahan-bahan fitokimia yang bisa mencegah mual dan muntah.

3. Anggur = Paru-paru

Anggur merupakan buah favorit banyak orang. Buah ini mudah dikonsumsi dan menyegarkan. Anggur juga bisa dijadikan camilan sehat. Buah ini juga mirip paru-paru. Salah satu khasiat anggur ternyata juga berhubungan dengan pernapasan.

BACA JUGA:  Warna Feses Tidak Biasa, Pengaruh Makanan Atau Penyakit?

Kalau Kamu memiliki asma yang dipicu oleh alergi, maka anggur beserta bijinya merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Biji anggur mengandung senyawa kimia yang disebut proantosianidin, yang bisa meredakan asma. Ternyata, makanan yang mirip organ tubuh paru-paru ini memang baik untuk paru-paru!

Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Perut Kosong

4. Tomat = Jantung

Coba potong tomat menjadi dua, dan Kamu akan melihat banyak ruang-ruang di dalam tanaman tersebut yang menyerupai struktur jantung. Enggak cuma mirip, tomat memang baik dikonsumsi untuk jantung.

Penelitian menemukan bahwa tomat mengandung likopen, yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada pria dan wanita. Jika dikonsumsi bersama sedikit lemak sehat, seperti minyak zaitun atau alpukat, maka akan meningkatkan penyerapan likopen dalam tubuh secara signifikan.

5. Jamur = Telinga

Ketika jamur dipotong menjadi dua, jamur terlihat mirip telinga, lho. Salah satu makanan yang mirip organ tubuh ini juga kaya nutrisi. Jamur kaya akan vitamin D, yang berfungsi meningkatkan kekuatan tulang. Seperti yang kita ketahui, tulang rawan di telinga berfungsi penting dalam menerima suara. Tanpa tulang rawan telinga yang sehat, maka pendengaran akan terganggu.

6. Kacang Merah = Ginjal

Kemiripan kacang merah dengan ginjal sudah diakui banyak orang. Ternyata, kacang merah benar-benar baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Kacang merah kaya akan serat dan serat yang larut. Selain itu, kacang merah juga kaya akan protein dan zat besi, sehingga baik untuk kesehatan ginjal. (UH)

Baca juga: Inilah Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan!

Sumber:

Womans Day. Foods That Look Like the Body Parts They’re Good For. Juli 2016.
Forkly. Foods That Look Like The Body Part They’re Good For. November 2017.

Comment