Tidak Hanya Payudara Membesar, Ini Perubahan yang Terjadi di Trimester Kedua

Trimester kedua kehamilan berlangsung dari mingu ke-13 hingga 28. Atau, bulan ke-4, 5, dan 6 kehamilan. Bisa dibilang, trimester kedua merupakan fase tengah kehamilan, saat Mums merasakan pergerakan bayi untuk pertama kalinya di kandungan. Saat memasuki trimester kedua kehamilan, morning sickness dan kelelahan yang mungkin Mums rasakan selama 3 bulan terakhir akan menghilang.

Selama trimester kedua, bayi di kandungan Mums akan tumbuh dengan cepat. Di minggu ke-18 dan 22 kehamilan, Mums akan menjalani USG dan dokter kandungan akan melihat bagaimana perkembangan bayi di kandungan.

Mums dan Dads juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi di kandungan saat melakukan USG di trimester kedua. Namun begitu, ada beberapa perubahan besar yang terjadi di tubuh Mums saat kehamilan mulai memasuki trimester kedua.

Baca juga: Tak Hanya Perut, Stretch Marks Muncul di 6 Bagian Tubuh saat Hamil

Perubahan Tubuh di Trimester Kedua

Berikut ini adalah perubahan yang akan Mums alami di kehamilan trimester kedua:

1. Payudara tambah besar.

Saat rahim mulai membesar untuk memberi ruang bagi pertumbuhan bayi di kandungan, otomatis perut Mums akan membesar. Selain itu, payudara Mums juga akan terus membesar secara bertahap.

Sebagian besar nyeri payudara yang Mums alami selama trimester pertama akan menghilang. Namun, payudara akan terus membesar karena bersiap untuk menyusui bayi Mums. Maka dari itu, gunakan bra dengan tali lebar atau bra dengan ukuran lebih besar yang memiliki penyangga baik agar Mums merasa lebih nyaman.

2. Nyeri perut di bagian bawah

Pada trimester kedua, Mums mungkin lebih sering mengalami kram atau nyeri di perut bagian bawah. Kram terjadi akibat adanya tekanan pada otot dan ligamen di sekitar rahim yang semakin membesar.

Baca Juga :  6 Penyebab Kematian saat Kehamilan dan Persalinan

Itulah kenapa, selama trimester kedua, otot ligamen bundar Mums sering kram saat meregang dan merasakannya sebagai nyeri. Untuk meredakan pegal, cobalah mandi air hangat, latihan relaksasi, mengubah posisi tidur, atau menempelkan botol air panas yang dibungkus handuk ke perut bagian bawah ya, Mums!

3. Perubahan kulit

Perubahan hormonal selama kehamilan menstimulasi peningkatan sel-sel pigmen (melanin) di kulit Mums. Jadi, Mums enggak usah heran kalau melihat bercak cokelat (melasma) di wajah atau garis gelap di perut (linea nigra).

Gak perlu khawatir Mums! Semua perubahan kulit tersebut biasa terjadi dan akan memudar setelah melahirkan. Namun, Mums perlu ingat bahwa, paparan sinar matahari dapat memperburuk kesehatan kulit lho! Karena itu, ketika Mums berada di luar ruangan, gunakan tabir surya yang aman bagi kandungan.

Baca juga: Menggaruk Perut yang Gatal saat Hamil Menimbulkan Stretch Mark, Lho!

4. Sakit punggung

Kenaikan berat badan dalam beberapa bulan terakhir mulai memberi tekanan pada punggung Mums. Maka dari itu, Mums sering merasa pegal dan sakit punggung. Untuk mengurangi tekanan, duduklah dengan tegak dan gunakan kursi dengan penyangga punggung yang baik.

Saat tidur, lakukan posisi miring dengan guling terselip di antara kedua kaki. Hindari mengambil atau membawa barang berat. Jika rasa sakitnya membuat Mums tidak nyaman, minta Dads untuk menggosok bagian yang sakit.

Baca Juga :  Sudah Trimester 2, Tapi Perut Mums Belum Terlihat Besar. Apakah Itu Normal?

5. Hidung bermasalah

Selama kehamilan trimester kedua, kadar hormon Mums meningkat, di mana tubuh menghasilkan lebih banyak darah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan selaput lendir Mums membengkak dan mudah berdarah, mengakibatkan sesak atau mimisan. Larutan garam dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Selain itu, Mums harus banyak minum cairan dan oleskan petroleum jeli di sekitar tepi lubang hidung untuk membantu melembapkan kulit.

6. Keputihan

Hal yang normal jika Mums mengalami keputihan yang lengket, bening, atau putih selama trimester kedua. Namun, apabila keputihan yang keluar berbau tajam, berwarna tidak biasa yang disertai dengan rasa sakit, nyeri, atau gatal di area vagina, segera konsultasikan dengan dokter karena gejala tersebut mengindikasikan infeksi vagina.

Baca juga: Keputihan saat Hamil, Wajarkah?

7. Perubahan emosi

Selama trimester kedua, Mums mungkin merasa tidak terlalu lelah dan lebih siap menghadapi proses melahirkan. Maka dari itu, persiapkan semua proses melahirkan dengan tepat. Carilah informasi tentang dokter yang akan membantu Mums melahirkan dan jangan lupa untuk membaca buku tentang menyusui.

Jika Mums bekerja, cari tahu bagaimana kebijakan cuti melahirkan di kantor. Di sisi lain, Mums mungkin khawatir tentang persalinan atau akan menjadi orang tua seperti apa nantinya. Untuk meredakan kecemasan tersebut, jangan ragu untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Yang terpenting ialah, terapkan gaya hidup sehat untuk memberikan awal terbaik bagi buah hati tercinta.

Baca juga: Tips Cerdik Kelola Emosi bagi Mums

Referensi:

WebMD. Second Trimester of Pregnancy

MayoClinic. Pregnancy week by week

Comment