Categories: Nasional

Gus Jazil: Pilkada Serentak Harus Dahulukan Keselamatan Jiwa

KalbarOnline.com – Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid berharap Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 bisa tetap berlangsung dengan mengutamakan protokol kesehatan dan mendahulukan keselamatan jiwa. Karena itu, perlu penegakan aturan dan sanksi berkaitan dengan protokol kesehatan pada Pilkada serentak.

“Kita hormati saja keputusan pemerintah dan DPR bahwa Pilkada serentak dilanjutkan, dengan syarat menjaga prinsip keselamatan jiwa, yaitu dengan menjalankan protokol kesehatan untuk Covid-19 secara ketat dan disiplin,” kata Gus Jazil, Sabtu petang (26/9).

Gus Jazil mengatakan, Pilkada serentak sulit untuk mundur lagi karena tahapan Pilkada sudah berjalan. Calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pilkada sudah mendaftar ke KPU dan sudah mendapat nomor peserta. Sehingga proses dan tahapan yang sudah berjalan tidak mungkin mundur lagi.

“Kalau pelaksanaan Pilkada serentak ditunda lagi, maka kita bisa masuk pada krisis yang lebih dalam lagi. Ujungnya, rakyat juga yang rugi dan menjadi korban,” ujar politisi PKB ini.

Bagi Gus Jazil, Pilkada serentak tak perlu ditunda tapi pelaksanaannya harus memegang prinsip menjaga keselamatan jiwa semua yang terlibat. “Jadi Pilkada serentak ini bukan Pilkada yang mengabaikan keselamatan jiwa rakyat Indonesia tapi Pilkada yang mengutamakan protokol kesehatan dan mendahulukan keselamatan jiwa. Pilkada tidak perlu ditunda lagi karena Pilkada serentak ini sudah dua kali ditunda. Jadi Pilkada serentak pada Desember 2020 tetap saja dilaksanakan,” katanya.

Menjawab kekhawatiran Pilkada serentak akan menjadi kluster penyebaran Covid-19, Gus Jazil berpendapat perlunya penegakan aturan dan pemberian sanksi dalam pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Tegakkan saja aturan berkaitan dengan protokol kesehatan dalam Pilkada ini. Kalau ada kekhawatiran akan menjadi kluster penyebaran Covid-19, kita semua rakyat Indonesia juga punya kekhawatiran. Bukan hanya kekhawatiran pada Covid-19, tapi juga khawatir terhadap dampak krisis yang dalam akibat pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Terpilih Aklamasi, Daniel Tangkau Lanjut Pimpin Ikadin Kalbar 2024 – 2028

KalbarOnline, Pontianak – Daniel Edward Tangkau kembali terpilih sebagai Ketua Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Provinsi…

4 hours ago

Ramai-ramai Kritik Hasyim Asy’ari, Statemen Anggota Dewan Boleh Nyalon Pilkada Bisa Jadi Problem Demokrasi dan Konstitusional

KalbarOnline, Nasional - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengkritik argumentasi Ketua KPU RI, Hasyim…

4 hours ago

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

21 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

21 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

23 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

23 hours ago