by

Kunjungi Muara Pesaguan, ISO Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

Kunjungi Muara Pesaguan, ISO Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

KalbarOnline, Ketapang – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang nomor urut 1, Iin Solinar – Rahmat Sutoyo berjanji akan meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung yang memadai.

“Jika terpilih nanti maka kami akan memprioritaskan program kerja membantu para petani dan nelayan di daerah ini,” kata calon Bupati Ketapang, Iin Solinar di hadapan nelayan dan simpatisan pendukungnya saat meninjau lokasi muara Pesaguan di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Jumat (25/9/2020).

Iin sapaan akrabnya, mengatakan kalau pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan bukan tanpa alasan. Sebab ia menyebut kalau Partai Gerindra yang menjadi pengusungnya memiliki cukup banyak wakil di pusat.

“Saya punya niat untuk ini, kita punya keterwakilan di pusat yakni di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang merupakan kader Gerindra. Tentu penyampaian kita bisa langsung kepada sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Ketapang, Rahmad Sutoyo mengatakan kalau wilayah Kecamatan Pesaguan yang sebagian besar penduduknya menggantungkan mata pencahariannya sebagai nelayan dan memiliki laut strategis sehingga sangat mungkin dikembangkan pembangunannya pada sektor kelautan.

“Kami akan membantu sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para nelayan sehingga dapat meningkatkan pendapatan nelayan kecil. Seperti alat tangkap ikan lainnya,” katanya.

Rahmad Sutoyo juga menyebutkan kalau setelah meninjau langsung kondisi muara, pihaknya berencana jika terpilih nanti akan melakukan pengerukan muara yang sudah dangkal serta memasang rambu rambu laut untuk memudahkan para nelayan saat melakukan aktivitasnya.

“Jadi memang sangat perlu pengerukan ini untuk peningkatan hasil tangkap nelayan. Harus lancar arus transportasi laut ini agar tidak ada kendala bagi nelayan yang hilir mudik,” ujarnya.

Rahmad Sutoyo menambahkan kalau jika terpilih nanti pihaknya telah mempersiapkan sejumlah program untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan petani dan nelayan, diantaranya peningkatan sarana dan prasarana nelayan, mendorong pertumbuhan UMKM dan memfasilitasi hasil produksi masyarakat.

“Di sektor informal seperti UMKM ini tentu harus menjadi perhatian kita karena sektor ini merupakan suatu kekuatan ekonomi masyarakat. Apalagi disaat pandemi seperti ini sangat bisa diandalkan,” paparnya.

Comment

News Feed