Bottas Menang, Lewis Hamilton Sementara Gagal Samai Michael Schumacher

KalbarOnline.com-Pembalap Mercedes Vallteri Bottas mengulangi kesuksesannya di Sochi Autodrom tiga tahun lalu dengan menjuarai Grand Prix Rusia 2020 hari ini (27/9).

Selain konsistensi, kemenangan Bottas juga ikut terjadi karena Lewis Hamilton diganjar penalti ganda. Pebalap Finlandia itu meraih kemenangan keduanya musim ini setelah seri pembuka di Austria.

Bottas finis 7,729 detik di depan bintang muda Red Bull Max Verstappen. Inilah podium pertama Red Bull di Sochi sejak trek itu masuk kalender F1 pada 2014 lalu.

Hamilton yang start dari pole position belum mampu menyamai rekor 91 kemenangan Michael Schumacher setelah terganjal penalti. Dia akhirnya finis di peringkat tiga.

Baca Juga :  Dominasi Total, dari Tujuh Seri Awal, Lewis Hamilton Juara Lima Kali

Hamilton mendapatkan dua penalti lima detik karena kedapatan melanggar aturan. Yakni melakukan latihan start sebelum lomba di jalur keluar pit.

Dia menjalani penalti stop and go itu di lap ke-17 setelah pitstop untuk mengganti ban hard. Hamilton akhirnya melorot ke posisi ke-11. Namun, dia berhasil terus naik dan akhirnya finis ketiga, 22 detik di belakang Verstappen.

“Kecepatan saya luar biasa. Saya tak pernah menyerah, ini hari yang bagus,” kata Bottas setelah lomba. “Saya hanya perlu mencoba dan menjaga momentum, dan masih ada beberapa balapan lagi,” tambahnya.

Baca Juga :  Untuk Kali Pertama Tahun Ini, Verstappen Hancurkan Dominasi Mercedes

Setelah sepuluh balapan musim ini, Bottas memperpendek jaraknya menjadi 44 poin dari Hamilton yang memuncaki klasemen dengan 205 poin. Verstappen menguntit di peringkat tiga dengan 128 poin.

Sergio Perez meraih finis terbaiknya yakni di posisi keempat bersama Racing Point. Dia mengungguli bintang Renault Daniel Ricciardo yang terkena penalti lima detik karena kedapatan tidak mematuhi instruksi race director di tengah lomba.

Charles Leclerc mampu memaksimalkan paket mobil Ferrari yang kurang memuaskan tahun ini dengan membawa SF1000 finis keenam. Sedangkan rekan satu timnya, Sebastian Vettel, gagal meraih poin karena hanya finis di posisi ke-13.

Comment