by

Akhir 2020 dan Awal 2021, Masyarakat Sudah Bisa Suntik Vaksin Covid-19

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, vaksin Covid-19 akan tersedia sesuai target pada akhir tahun 2020. Vaksin juga akan mulai didistribusikan pada awal tahun 2021.

Hal itu tengah dibahas dalam Roadmap Rencana Nasional, dan Rancangan Peraturan Presiden mengenai Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

“Sampai vaksin benar-benar diperoleh dan didistribusikan, masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan Protokol 3M, dan Kemenkes terus menjaga ketersediaan obat-obatan yang diperlukan,” ujarnya, Sabtu (26/9).

Selain itu, Airlangga juga mengatakan agar penggunaan anggaran harus tepat sasaran, efektif, dan efisien. Ini supaya dalam melaksanakan tugas tidak terjebak dalam peraturan yang menyulitkan kinerja kementerian.

“Seperti yang disampaikan Wakil Ketua KPK, jangan takut mengeksekusi program selama proses penganggaran telah sesuai prosedur dan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) juga mengingatkan agar proses pengadaan vaksin harus benar-benar diperhatikan dari hulu hingga hilir. “Kita juga membahas tentang perlindungan terhadap kelompok rentan (komorbid, Red) dan pelaksanaan program sosialisasi untuk membangun persepsi dan perilaku masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19,” tutup Airlangga.

Comment

News Feed