Pejabat Korsel Tewas Ditembak, Pemimpin Korut Kim Jong Un Minta Maaf

KalbarOnline.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyesalkan insiden yang menewaskan pejabat Korea Selatan yang ditembak oleh pihak Korea Utara. Permintaan maaf kemudian disampaikan Kim pada Jumat (25/9) terkait insiden penembakan tersebut.

Seperti diposting oleh kantor berita Korsel, Yonhap, Kim mengatakan sangat menyesal dan berharap agar kepercayaan antara kedua Korea tidak rusak akibat insiden itu.

Dilansir dari DW, Jumat (25/9), pria berusia 47 tahun yang ditembak itu merupakan seorang pejabat dari Kementerian Perikanan Korea Selatan. Dia hilang dari kapal pemerintah di dekat perbatasan laut yang disengketakan antara negara-negara saingan.

Baca Juga :  Kim Jong Un dan Keluarga Disebut Diberi Vaksin Covid-19 oleh Tiongkok

Korea Utara mengatakan tembakan diarahkan ke pria itu karena dianggap mengganggu perairan Korea Utara sebagai bagian dari langkah-langkah ketat untuk mencegah wabah virus Korona seperti diberitakan Yonhap. Penasihat keamanan nasional Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pengarahan bahwa Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah bertukar surat pribadi atas kejadian tersebut.

Baca Juga :  Perwira TNI Angkatan Udara Ukir Prestasi di Korea Selatan

“Kim menyebut insiden itu tidak terduga,” sebut pejabat Korut yang tak disebutkan namanya.

Di satu sisi, permintaan maaf dari Kim memang mengagetkan. Maklum saja, sangat tidak biasa bagi seorang pemimpin Korea Utara untuk mengeluarkan permintaan maaf kepada Korea Selatan.

“Militer kami sangat menuntut Korea Utara memberikan penjelasan dan menghukum mereka yang bertanggung jawab,” tegas Jenderal Korea Selatan Ahn Young Ho dalam jumpa pers.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment