Jemput Bola, Xiaomi di India Kenalkan Konsep Toko Ala Food Truck

KalbarOnline.com – Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, seluruh dunia merasakan kesulitan hampir di berbagai sektor kehidupan dan lingkup usaha. Berhentinya kegiatan bisnis dan produksi, PHK massal dan dampak lainnya akibat pandemi ini membuat daya beli masyarakat menurun.

Hal tersebut juga dirasakan oleh para pembuat smartphone. Oleh karenanya, kini banyak dari pabrikan smartphone mesti putar otak agar bisa terus bertahan. Seperti yang dilakukan Xiaomi di India, salah satu pasar potensial mereka yang juga ‘babak belur’ akibat pandemi Covid-19.

Xiaomi India baru saja mengumumkan Mi Store on Wheels (MSoW) baru. Ini adalah platform ritel seluler yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman seperti toko ke depan pintu pelanggan. Layanan ini diumumkan lebih awal pada Senin (21/9) dan bertujuan untuk menghadirkan ketersediaan perangkat smartphone ke pelosok-pelosok India.

Konsep toko berjalan Xiaomi itu mirip dengan apa yang dilakukan para pedagang makanan kekinian yang berjualan di atas mobil atau dikenal sebagai food truck. Konsep tersebut tak lain bertujuan untuk ‘jemput bola’ dengan langsung mendatangi konsumen mereka.

Baca Juga :  Chip Exynos Samsung Disebut Bakal Dukung Ponsel Xiaomi, Oppo, dan Vivo

Menurut Muralikrishnan B, COO, Mi India, Mi Store on Wheels bertujuan untuk menghadirkan pengalaman showroom Mi Store di area yang memiliki akses terbatas. Pejabat senior Xiaomi di India itu juga menyatakan bahwa layanan tersebut akan menjadi terobosan dalam mengubah dinamika bisnis ritel di pasar pedesaan. Tentunya sembari tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan tidak bepergian di masa pandemi Covid-19 ini.

“Sembari menjaga praktik kebersihan dan keselamatan, sambil mengatur keramaian dan menjaga jarak sosial, outlet MSoW akan sepenuhnya aman untuk dikunjungi konsumen,” ungkapnya dikutip dari NDTV.

Mi Store on Wheels juga akan memiliki semua smartphone Redmi yang baru diluncurkan, termasuk, Redmi 9, Redmi 9 Prime, Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9 Pro Max, dan Redmi 9A. Selain hanya smartphone, toko ponsel ini juga akan menjual produk Xiaomi lainnya seperti Mi Smart TV, Mi Box 4K, Mi TV Stick, Mi CCTV Kamera, Mi Sports Bluetooth Earphones, Mi True Wireless Earphones 2, Redmi Earbuds S, Mi Sunglasses, Mi Powerbanks, dan Charger.

Baca Juga :  Xiaomi Klaim Catat Laba Bersih Tahun Fiskal 2020 Mencapai USD1.453 Miliar

Langkah dari perusahaan ini datang untuk berinovasi pada jaringan ritel yang ada. Mi Store on Wheels juga merupakan metode untuk meningkatkan penjualan di area yang kurang dapat diakses oleh toko ritel atau portal E-Commerce selama pandemi Coronavirus yang sedang berlangsung.

Saluran distribusi baru juga merupakan bagian dari inisiatif Mi Commerce perusahaan, yang bermaksud untuk mengaburkan batas antara batas online dan offline.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment