Kawal Keamanan Informasi Bagi Pelaku UKM, BSSN Luncurkan PAMAN KAMI

KalbarOnline.com – Kejahatan siber masih menjadi ancaman serius bagi pengguna dan pelaku ekonomi digital. Untuk itu, sebagai bentuk perhatian terhadap keamanan informasi bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di era digital ini, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) meluncurkan Pedoman Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI) untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Kamis (24/9/2020) bertempat di Aula Pusdiklat BSSN, Depok.

PAMAN KAMI berisi 25 langkah mendasar dalam keamanan informasi bagi pelaku UKM. Penilaian dan penerapan Langkah keamanan informasi tersebut dapat dilakukan secara mudah dan mandiri yang mencakup aspek Identifikasi, Proteksi, Deteksi, Penanggulangan dan Pemulihan dalam keamanan informasi.

Baca Juga :  Polisi Bubarkan Perayaan 1 Muharram yang Hadirkan Artis Evie Tamala

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dalam sambutannya mengatakan, ancaman siber dapat menyasar pada usaha yang memanfaatkan media digital dan mengakibatkan timbulnya kerugian bagi para pelaku atau pemilik usaha, mulai dari kerugian reputasi hingga kerugian finansial.

“Guna mencegah terjadinya kerugian tersebut sejak dini, maka diperlukan langkah proteksi yang dimulai dari pemahaman akan pentingnya keamanan siber, khususnya adalah keamanan informasi,” kata Hinsa dalam acara yang dihadiri juga secara virtual oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM di 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga :  Puluhan Tahun Dinanti, Masjid Pertama di Yunani Akhirnya Resmi Berdiri

Menurut Hinsa, PAMAN KAMI sebagai solusi praktis yang BSSN tawarkan untuk UKM di seluruh Indonesia, bahkan tidak menutup kemungkinan ditawarkan kepada masyarakat dunia melalui forum-forum ekonomi internasional.

“PAMAN KAMI ini diharapkan dapat digunakan oleh pelaku UKM sebagai langkah awal guna memeriksa status keamanan informasi di usahanya. Dengan menerapkan PAMAN KAMI, diharapkan dapat mencegah maupun menanggulangi terjadinya insiden serangan siber,” pungkasnya. [rif]

Comment