Toyota GR Super Sport Bakal “Disiksa” Di Le Mans 24 Hours

KalbarOnline.com – Toyota membawa prototipe GR Super Sport yang akan datang ke Le Mans 24 Hours selama akhir pekan ini. Pabrikan mobil Jepang itu telah mengembangkan kendaraan itu selama beberapa tahun lalu dan sedang mempersiapkannya untuk kelas Hypercar Le Mans FIA.

Mobil tersebut kabarnya didasarkan pada mobil balap Toyota TS050 Hybrid yang menjuarai Le Mans pada 2018 dan 2019, sekaligus meraih kemenangan pada akhir pekan lalu. Selama balapan akhir pekan lalu, GR Super Sport menyelesaikan lap demonstrasi di sirkuit sambil dikendarai oleh mantan pembalap Toyota Gazoo Racing Alex Wurz.

Tidak jelas apakah GR Super Sport seperti yang dilihat dalam gambar adalah versi siap balap atau prototipe untuk model legal jalan raya yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan homologasi atau pemberian persetujuan atau konfirmasi dari badan hukum yang memiliki otoritas resmi. Meski demikian, tetap menarik melihat mobil terkencang Toyota itu berpacu di ajang ketahanan di Le Mans, Prancis itu.

Baca Juga :  Sedan Mewah Toyota Crown Bakal Disuntik Mati, Diganti dengan Model SUV

Mobil tersebut seperti bisa disaksikan, debut dan dijajal tanpa memiliki atap. Karena prototipe lain memiliki atap, ada kemungkinan GR Super Sport akan menampilkan hard top yang dapat dilepas.

Dilansir dari Car and Driver, jika dasarnya adalah Toyota TS050 Hybrid maka mobil tersebut mengemas mesin V6 2.4 liter twin-turbocharged mid-mount yang menggunakan bantuan hybrid. Dengan sokongan performa tersebut, mobil diklaim memiliki tenaga sebesar 986 hp menurut klaim Toyota.

Baca Juga :  Siap Diburu Kolektor, Edisi Terbatas Mini Rosewood Hadir di Indonesia

Menariknya, seperti sudah disinggung di atas, Toyota GR Super Sport tidak hanya akan memanaskan ajang balap FIA’s Le Mans Hypercar (LMH). Kabarnya, mobil kencang ini Toyota ini juga akan tersedia dalam versi legal jalan raya.

Terlepas dari harga dan ketersediaan yang masih misterius, Toyota GR Super Sport akan menjadi salah satu kendaraan paling luar biasa yang dijual. Mobil tersebut bertindak sebagai saingan sempurna untuk mobil termasuk Aston Martin Valkyrie dan Mercedes-AMG One. (*)

Comment