by

Pengembangan Sektor Maritim, Cara Isdianto-Suryani Buat Kepri Semakin Unggul

BATAM – Beragam pencapaian pembangunan mengiringi periode kepemimpinan Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau. Di antara beragam keberhasilan, salah satunya terkait konektivitas antardaerah bahkan provinsi. Sebagai putra daerah, Isdianto berkomitmen dan terus berikhtiar menjadikan Kepri semakin maju, gemilang, religius, dan unggul di bidang maritim.

Komitmen itu pula yang melatari adik kandung almarhum Muhammad Sani itu mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Kepri untuk periode mendatang. Isdianto ditemani Suryani sebagai calon wakil gubernur.

Terkait pencalonannya di Pilkada Kepri, pasangan Isdianto-Suryani (INSANI) mengusung visi Mewujudkan Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Gemilang, Religius, dan Unggul di Bidang Maritim. Ada enam misi yang dibuat untuk merealisasikan visi tersebut.

Di antara enam misi, salah satu yang menonjol terkait pembangunan di sektor maritim. Fokus utamanya yakni meneruskan dan meningkatkan konektivitas wilayah. Ini agar terjadi pemerataan di seluruh kawasan.

“Kita ingin pembangunan infrastruktur semakin merata di semua daerah. Caranya dengan memperkuat konektivitas dan membuka akses ekonomi. Muaranya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Isdianto melalui keterangan tertulis, Rabu (23/9).

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pasangan INSANI menyiapkan setidaknya 10 program turunan, seperti meneruskan pengembangan ekonomi berbasis maritim, pariwisata, dan pertanian. Ini dilakukan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di luar kawasan free trade zone (FTZ), juga mengurangi kesenjangan antarwilayah.

Pasangan INSANI juga akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas, tertata, memadai, dan efektif sampai ke pedesaan, kepulauan, maupun daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. “Ini bisa terealisasi dengan tersedianya infrastruktur yang dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah,” jelas Isdianto.

Calon Wakil Gubernur Suryani menambahkan, pasangan INSANI juga berencana untuk terus mendorong tumbuh dan berkembangnya industri perikanan dan kelautan. “Targetnya, menjadikan Kepri semakin terdepan dan unggul,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Pasangan INSANI juga mendukung program tol laut dengan terus meningkatkan layanan kapal tol laut, kapal perintis, kapal ternak, juga kapal pelayaran. “Bersama Pak Isdianto, kami akan terus berusaha meningkatkan pendapatan nelayan dan petani dengan cara penciptaan skala ekonomi melalui program unggulan kawasan pedesaan,” tutur Suryani.

Suryani juga memastikan komitmennya untuk menjamin konektivitas di sepanjang rantai pasok yang menghubungkan pasar dengan sentra-sentra produksi rakyat, mulai dari perikanan, perkebunan, pertanian, industri, termasuk UMKM.

“Beragam keberhasilan yang berhasil diraih Kepri selama periode kepemimpin Pak Isdianto menjadi tanggung jawab kita semua untuk melanjutkannya. Bersama masyarakat, kami berkomitmen dan akan terus berusaha untuk membuat Kepri semakin maju, gemilang, religius, dan unggul di bidang maritim,” tegas Suryani. (ind)

Comment

News Feed