by

Muncul Finja 500 Versi Tiruan dari Kawasaki Ninja ZX-10R

KalbarOnline.com – Lagi-lagi pabrikan otomotif asal Tiongkok membuat motor sport yang diberi nama Finja 500 hasil plagiat produk dari merek kendaraan Jepang yaitu Kawasaki Ninja ZX-10R. Bila diperhatikan sekilas Finja 500 memang mirip, namun ada beberapa bagian yang berbeda termasuk mesinnya.

Hal ini bukan yang pertamakalinya yang dilakukan oleh pabrikan Tiongkok. Finja 500 mempunyai desain bodi yang terlihat mirip dengan Kawasaki Ninja ZX-10R. Seperti dilaporkan dalam laman desain bodi Finja 500 tampilannya cukup identik dengan Ninja ZX-10R.

Pada desain muka yaitu pada bagian headlamp tampak sangat mirip. akan tetapi bila diperhatikan secara seksama perbedaannya ada pada bagian mika lampu, ram-air dan juga lekukan di bagian bodi depan.

Sedangkan bila dilihat dari samping desain fairing-nya meniru gaya desain dari Kawasaki Ninja ZX-10R. Seakan tak mau kalah dengan yang “asli”, tulisan Finja 500 di sisi kanan dan kiri mengambil model huruf khas Kawasaki Ninja.

Pada bagian belakang desainnya juga cukup identik dengan penggunaan lampu LED yang mirip namun bedanya bodi belakang di Finja 500 terlihat lebih gemuk. Perbedaan lainnya ada pada bagian desain knalpot.

Sementara itu pada bagian panel instrumen memang terlihat mirip walaupun tidak persis dengan yang ada pada Kawasaki ZX-10R. Finja 500 dilengkapi dengan penunjuk kecepatan hingga tachometer digital yang akan muncul berbarengan dengan bukaan gas.

Finja 500 pada bagian suspensi depan sudah menggunakan upside down dengan settingan pre-loud yang juga mirip dengan Kawasaki ZX-10R. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan swing arm besar untuk mengakomodasi bannya yang lebar.

Walaupun tiruan, Finja 500 juga sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Akan tetapi untuk sektor jantung mekanis terdapat perbedaan paling signifikan. Finja 500 hanya dibekali mesin berkonfigurasi 2-silinder dengan kubikasi mesin 500 cc di mana tenaga maksimal hanya 50 dk.

Sedangkan Kawasaki Ninja ZX-10R, motor tersebut dibenamkan mesin 998 cc, 4-silinder DOHC dengan tenaga maksimal menyentuh 212 dk dengan torsi puncak hingga 114,9 Nm.Nah, Anda berminat?

Comment

News Feed