Jokowi: Indonesia akan Tambah Lumbung Pangan di 3 Provinsi

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pemerintah akan menambah lumbung pangan atau food estate baru di beberapa daerah. Tambahan tiga provinsi sebagai lumbung pangan yaitu Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumatera Selatan.

“Ada rencana akan kita lanjutkan setelah ini sudah mulai pengerjaan di lapangan untuk di provinsi yang lain,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/9).

Namun demikian, Presiden Jokowi mengatakan saat ini fokusnya adalah menyelesaikan pengerjaan lumbung pangan di dua provinsi terlebih dahulu yakni di Kalimantan Tengah di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulau Pisau. Untuk Sumatera Utara ada di Kabupaten Humbang Hasundutan. “Jadi ini yang ingin kita prioritaskan terlebih dahulu,” katanya.

Baca Juga :  Momentum Imlek, 32 Narapidana Konghucu Dapat Remisi Khusus

Jokowi mengatakan adanya lumbung pangan ini ‎dalam rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19. Hal ini juga berdasarkan dengan rekomendasi Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) adanya krisis pangan.

“Hal ini juga untuk mengantisipasi perubahan iklim serta juga tidak kalah pentingnya dalam mengurangi ketergantungan kita pada impor pangan. Ini penting,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jokowi Ungkap Jumlah Vaksin Covid-19 yang Dipesan Indonesia

‎Sementara Jokowi melanjutkan, yang berkaitan dengan infrastruktur pendukung akses jalan yang juga akan segera dikerjakan di lapangan. Sehingga nantinya berbagai alat mesin pertanian modern yang besar-besar ini tidak mengalami kesulitan apabila ingin masuk ke lapangan.

‎”Jadi yang berkaitan dengan infrastruktur pendukung akses jalan yang juga ini segera dikerjakan di lapangan,” tuturnya.

Comment