Alhamdulillah, Pemerintah Arab Saudi Buka Kembali Izin Umrah

KalbarOnline.com – Kabar gembira bagi calon jamaah umrah, setelah sejak Maret lalu layanan ibadah umrah ditutup karena Covid-19, pemerintah Arab Saudi berencana membuka kembali kesempatan untuk jamaah umrah melakukan ibadah umrah.

Untuk jamaah dalam negeri Arab Saudi diizinkan melakukan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020. Sedangkan untuk jamaah dari luar negeri, kembali diizinkan mulai 1 November 2020.

Pembukaan kembali layanan umrah ini berarti memungkinkan hingga 6.000 warga negara dan penduduk di Arab Saudi menjalankan umrah tiap harinya.

Menurut laporan SPA, hanya sebanyak 30 persen dari kapasitas normal 20.000 jamaah yang diizinkan melaksanakan ibadah umrah per hari, sebagai langkah pencegahan penularan virus.

Baca Juga :  Udara Jakarta Membaik karena Warga Kerja dari Rumah

Kapasitas umrah harian baru akan ditingkatkan menjadi 75 persen setelah dua pekan, pada 18 Oktober 2020.

Sementara untuk pembukaan di awal November nanti, Saudi hanya akan mengizinkan jamaah umrah dari sejumlah negara khusus yang dianggap aman, dengan kapasitas 100 persen hingga berakhirnya pandemi.

Selain umrah, pemerintah Saudi sebelumnya juga membatasi layanan ibadah haji yang biasanya dapat mengumpulkan sekitar tiga juta orang dari seluruh dunia, menjadi hanya untuk beberapa ribu jamaah dalam negeri saja.

Data resmi menunjukkan bahwa layanan haji dan umrah mendatangkan pendapatan bagi Arab Saudi hingga sebesar 12 miliar dolar AS atauu setara Rp177 triliun per tahun.

Baca Juga :  Isdianto Temui Warga Belakang Padang dan Moro

Sementara itu, Pemerintah Indonesia sendiri sebelumnya bakal memprioritaskan memberangkatkan calon jemaah umrah asal Indonesia yang tertunda keberangkatannya sejak akhir Februari 2020 lalu bila Tanah Suci, Mekkah, dibuka lagi oleh Arab Saudi.

Keputusan itu sejatinya sudah dibuat saat Kemenag bersama Kemenko Bidang PMK dengan mengundang rapat Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), seluruh maskapai penerbangan internasional yang melayani jemaah umrah, dan asosiasi asuransi syariah pada 28 Februari dan 12 Maret 2020 lalu. [rif]

Comment