Firli Bahuri Resmi Lantik Dirdik KPK Baru Brigjen Pol Setyo Budianto

KalbarOnline.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi melantik sejumlah pejabat baru di lingkungan KPK. Salah satunya, Brigjen Pol Setyo Budianto sebagai Direktur Penyidikan KPK.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Firli yang diikuti sejumlah pejabat baru yang dilantik, di Gedung KPK, Selasa (22/9).

Dalam pembacaan sumpah tersebut, termuat larangan agar pejabat baru untuk tidak menerima pemberian sesuatu apa pun dari pihak yang diduga berkaitan dengan perkara yang sedang ditangani lembaga antirasuah.

Baca Juga :  Ranking BWF Kembali ‘Dicairkan’, Ini Ranking 10 Besar Baru Tiap Sektor

“Saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya,” ucap sumpah jabatan yang dibacakan Firli.

Setyo Budiyanto sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Plt Dirdik KPK. Dia juga
terpilih menyingkirkan dua kandidat lainnya yang juga berasal dari Korps Bhayangkara. Keduanya yakni, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol Didik Agung Widjanarko dan Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Pol Nazirwan Adji Wibowo.

Baca Juga :  Ayah Minta Jatah Sebulan Sekali ke Anak Tiri, Istri Kaget Bukan Main

Dalam acara sumpah jabatan, Firli juga melantik Direktur Pengaduan Masyarakat, Tomi Murtomo dari internal KPK dan Direktur Pengolahan Informasi dan Data yang diisi oleh Riki Arif Gunawan dari Kemenkominfo.

Tak hanya itu, sembilan koordinator wilayah KPK juga turut dilantik oleh Firli. Mereka diantaranya, dari internal KPK ada Asep Rahmat Suwanda, Aminudin, Budi Waluya dan Aida Ratna Zulaiha. Sedangkan dari unsur Polri yakni, Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi dan Yudhiawan.

Comment