by

Dituduh Memata-matai, Facebook Digugat Penggunanya

KalbarOnline.com – Platform media sosial seperti Facebook dan Instagram memiliki cara yang agak menakutkan dan luar biasa untuk menampilkan iklan pada produk yang Anda bicarakan dengan teman-teman Anda. Sampai pada titik ini, banyak orang beranggapan bahwa perusahaan-perusahaan ini sebenarnya memata-matai pengguna melalui kamera dan mikrofon perangkat smartphone atau tablet mereka.

Terkait dengan hal ini, Facebook dan Instagram sudah berulang kali menyangkal dan mementahkan anggapan ini. Sekarang, atas dugaan tersebut, gugatan baru telah diajukan terhadap Instagram di mana menurut Brittany Conditi, orang yang mengajukan gugatan, dia mengklaim bahwa perusahaan menggunakan kamera ponsel Anda untuk memata-matai Anda dan untuk mengumpulkan data yang menguntungkan dan berharga tentang penggunanya yang akan dilakukan.

Ini terjadi setelah laporan sebelumnya yang melaporkan bahwa Instagram mengakses kamera iPhone bahkan ketika aplikasinya tidak aktif. Facebook, pemilik Instagram telah membantah laporan tersebut pada saat itu, mereka malah menyalahkan masalah tersebut pada bug karena memicu “pemberitahuan palsu”.

Gugatan tersebut menekankan tentang “memperoleh data pribadi yang sangat pribadi dan intim tentang pengguna mereka, termasuk dalam privasi rumah mereka sendiri”, baik Facebook maupun Instagram dapat mengumpulkan “wawasan berharga dan riset pasar”.

Facebook sejak itu menolak untuk mengomentari gugatan tersebut, meskipun mengingat bahwa perusahaan tidak memiliki rekam jejak yang baik dalam hal privasi pengguna, ini jelas tidak terlihat baik untuk mereka. (*)

Comment

News Feed