by

Aksi Heroik Anggota Satlantas Polres Melawi Evakuasi Ibu Melahirkan ke Rumah Sakit

Aksi Heroik Anggota Satlantas Polres Melawi Evakuasi Ibu Melahirkan ke Rumah Sakit

KalbarOnline, Melawi – Aksi heroik dilakukan seorang anggota Satlantas Polres Melawi, Aipda Yanto yang mengevakuasi warga tak mampu di daerah setempat yang hendak melahirkan, Selasa (22/9/2020) pagi. Pagi itu, Aipda Yanto sedang mengatur lalu lintas di Tugu Juang Nanga Pinoh. Sedang bertugas, tiba-tiba Aipda Yanto didatangi masyarakat yang meminta pertolongan lantaran ada keluarganya yang hendak melahirkan namun tidak ada kendaraan untuk dibawa ke rumah sakit.

“Ada masyarakat yang mendatangi saya saat sedang pengaturan lalu lintas di Tugu Juang, sedang kesusahan mencari bantuan mobil untuk membawa keluarganya yang sakit mau melahirkan,” terang Aipda Yanto.

Tanpa babibu, Aipda Yanto langsung menghubungi rekannya, Brigadir Khalid untuk membawa mobil patroli ke arah tugu. Dikarenakan warga yang meminta tolong tersebut sudah berlalu pergi, Yanto sempat mencari keberadaan warga yang mau melahirkan itu.

“Saat kami datang ke rumahnya kami melihat kondisi rumahnya sangat memprihatinkan (tidak layak huni),” terangnya.

Setibanya di rumah warga tersebut, Yanto mendengar suara tangisan bayi. Ternyata ibu yang hendak melahirkan itu sudah melahirkan di rumah sebelum dibawa ke rumah sakit. Namun, kondiri ari-ari masih di dalam perut sang ibu.

“Saat kami datang bayi sudah keluar tapi kondisi ari-ari (tembunik) masih dalam perut ibunya,” tukasnya.

Dengan sigap, Yanto pun lantas mengajak pihak keluarga untuk mengangkat ibu yang melahirkan itu ke mobil patrol untuk dibawa ke rumah sakit.

“Ibu tersebut sempat tidak mau dibawa ke rumah sakit karena tidak ada biaya, tapi kami tetap bawa dan meyakinkan ibu tersebut untuk tak khawatir masalah biaya. Tapi penanganan diutamakan dulu untuk menyelamatkan ibu dan anak, kami membawa ibu tersebut ke Rumah Sakit Bunda Jaya,” imbuhnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Melawi, Iptu Suwaris mengaku bangga dengan kesigapan anggotanya. Sebab, lanjut dia, tugas anggota Satlantas bukan hanya mengatur lalu lintas melainkan juga sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Tugas Polantas bukan hanya di jalan raya untuk mengatur lalu lintas tapi sebagai abdi masyarakat polantas juga harus mengutamakan keselamatan masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan,” tandasnya.

Comment

News Feed