10 Tanda Kehamilan Tak Biasa

Ketika hamil, tubuh Mums mungkin akan mengalami berbagai perubahan. Misalnya saja, payudara tiba-tiba menjadi lebih kenyal, muntah di pagi hari, atau bahkan Kamu merasa lelah sepanjang waktu. Hal ini normal terjadi ya Mums!

Tetapi selain itu, wanita hamil juga bisa mengalami tanda-tanda kehamilan yang tidak biasa. Mulai dari keluarnya lendir dari vagina, merasa sedang mengunyah logam, atau hal lainnya yang tak terduga. Apa saja tanda kehamilan yang tidak biasa?

Baca Juga: 5 Cara Jitu Hamil Anak Laki-laki

10 TandaKehamilan yang Tidak Biasa

Jadi Mums, setidaknya ada 10 tanda awal kehamilan yang tidak biasa yang perlu Mums tahu, nih. Apa saja ya?

1. Keputihan Berlebih

Meskipun banyak wanita yang mengalami keputihan, tapi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan. Tapi kebanyakan wanita hamil akan mengeluarkan lendir lengket, putih, atau berwarna kuning pucat pada awal trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon dan aliran darah pada vagina.

Tapi jangan khawatir, meningkatnya cairan di rahim bertujuan untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina Mums melunak. Jika Mums ragu, segera kunjungi dokter, terutama jika gejala keputihan disertai berbau, terasa terbakar, gatal, berubah jadi warna kuning kehijauan, dan sangat kental. Ini mungkin gejala infeksi.

2. Suhu Tubuh Meningkat

Saat Kamu pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh memang akan sedikit meningkat. Tetapi jika suhu tubuh ini, yang dikenal sebagai suhu tubuh basal, tetap tinggi selama lebih dari dua minggu, bisa jadi Mums hamil!

3. Sakit Kepala, Kram, dan Buang Air Kecil Terus

Perubahan volume darah dan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan sakit kepala. Tak hanya itu, beberapa wanita juga mengalami kram seperti menstruasi di kedua sisi perut bagian bawah. Dan kebanyakan wanita sering bolak-balik ke kamar kecil ketika hamil. Hal itu disebabkan karena rahim Mums sedang tumbuh, sehingga memberikan tekanan pada kandung kemih.

Baca Juga :  Virus Covid-19 Bisa Hidup di Tembok Hingga 9 Hari

4. Pusing

Nah apakah Mums akhir-akhir ini terus-terusan merasa pusing padahal sudah makan? Kalau iya, mungkin saja Mums sedang hamil, nih! Tak jarang lho, wanita hamil merasa pusing pada trimester pertama, sebab tekanan darah turun dan pembuluh darah membesar.

Namun, Mums perlu waspada jika pusing yang dirasakan bertambah parah ditambah pendarahan vagina, serta sakit perut hebat yang bisa menjadi tanda kehamilan ektopik. Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi ditanamkan di luar rahim. Pastikan segera ke dokter untuk menghindari komplikasi yang mengancam jiwa.

Baca Juga: Sulit Tidur saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini!

5. Sembelit

Mums mungkin akan merasa kembung, seperti ingin kentut terus-terusan dan sembelit. Ya ini wajar kok, Mums. Sebab sistem pencernaan akan melambat selama kehamilan. Oleh karena itu, cukupi nutrisi Kamu dengan makanan bergizi agar bisa terserap ke dalam aliran darah untuk diberikan pada janin Kamu.

6. Keluar Sedikit Bercak Darah

Sekitar 25 sampai 40 persen wanita hamil bisa mengalami perdarahan ringan atau bercak darah di awal kehamilan. Perdarahan ringan ini bisa terjadi saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Ini disebut pendarahan implantasi dan umum terjadi sekitar 2 minggu setelah pembuahan.

Perdarahan juga bisa disebabkan oleh iritasi serviks, kehamilan ektopik, atau ancaman keguguran. Jadi pastikan untuk segera mendapatkan bantuan medis jika perdarahan ringan yang Mums alami semakin berat atau disertai dengan kram yang parah, nyeri punggung, atau nyeri menusuk.

Baca Juga :  Punya Tujuan Hidup Bikin Kamu Lebih Sehat dan Bahagia

7. Kekebalan Tubuh Berkurang

Kehamilan bisa menurunkan kekebalan tubuh. Artinya, Mums akan lebih rentan batuk, pilek, dan flu. Tidak jarang juga lho, wanita hamil mengalami gejala ini saat awal kehamilan. Jadi bicaralah dengan dokter tentang pilihan perawatan yang aman untuk ibu hamil.

8. Dada Terasa Terbakar

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan. Termasuk katup antara lembung dan kerongkongan. Area ini menjadi rileks selama kehamilan, sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan, dan menyebabkan mulas. Lawan dengan makan lebih sedikit, tapi lebih sering. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, jus, dan makanan pedas.

9. Emosi Naik Turun

Hormon Kamu tiba-tiba berubah saat hamil. Ini bisa membuat emosi Mums naik turun. Mums akan merasa sangat sedih dan emosional. Libido juga berubah dari naik kemudian turu,n lalu kembali naik lagi. Mums mungkin juga mengalami perubahan suasana hati. Ini sangat umum terjadi selama awal kehamilan.

10. Seperti Makan Logam

Peningkatan estrogen dan progesteron selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan selera pada banyak ibu hamil. Kondisi yang disebut dysgeusia membuat beberapa wanita hamil merasakan seperti makan logam.

Mums akan merasa seperti sedang mengunyah uang lama. Singkirkan rasa logam dengan mengunyah garam dan mengunyah permen karet tanpa gula. Coba juga minum air dingin atau makan makanan yang memiliki rasa kuat seperti cabai.

Baca Juga: Kehamilan Ektopik, Kehamilan yang Terjadi di Luar Rahim

Sumber:

Healthline. Weird Early Pregnancy Symptoms No One Tells You About.

Comment