by

Yuk, Kenalkan Nikmatnya Pasta kepada Si Kecil

Hampir semua orang menyukai pasta, mulai dari spaghetti bolognaise ataupun fettucini carbonara. Ya, selain memiliki bentuk dan tekstur yang unik, makanan khas Italia ini ternyata juga menawarkan manfaat kesehatan, lho. Nah, tapi kapan ya kira-kira Mums bisa memperkenalkan makanan ini kepada si Kecil? Lalu, olahan pasta seperti apa ya yang menarik untuknya? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Kapan dan Bagaimana Memperkenalkan Pasta kepada Anak?

Pasta bisa menjadi salah satu pilihan alternatif lain dari sumber karbohidrat. Meski begitu, memasukkan pasta dalam menu makan anak bisa menjadi hal yang cukup tricky. Di satu sisi, anak membutuhkan asupan karbohidrat untuk tumbuh kembangnya.

Pasta bisa menjadi pilihan yang baik selama disajikan dalam jumlah secukupnya serta dihidangkan dengan makanan bergizi lainnya. Akan tetapi, jika pasta diberikan secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko buruk bagi kesehatan anak, salah satunya obesitas.

Memperkenalkan si Kecil pada pasta bisa dimulai setidaknya setelah ia berusia 7 bulan atau mulai memasuki periode mengonsumsi makanan padat. Saat memasak pasta untuk bayi, pastikan Mums memasaknya benar-benar matang dan sebaiknya disertakan saus. Ini untuk membantu anak lebih mudah ketika mengonsumsinya karena tekstur pasta yang sudah lembut.

Baca juga: Hindari Stres Saat Anak Mulai MPASI

Kandungan Gizi pada Pasta

Pasta memiliki berbagai kandungan nutrisi yang juga bermanfaat bagi tubuh si Kecil. Selain itu, kalorinya yang tidak terlalu tinggi juga membuat perut anak tidak mudah kembung setelah mengonsumsinya. Inilah mengapa, pasta bisa menjadi pilihan makanan yang cocok untuk anak.

Secara lebih rinci, berikut kandungan gizi pada pasta:

– Kcal 353

– Energi 1476 J

– Protein 10 g

– Karbohidrat 35,2 g

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah Bayi

– Lemak 8 g

– Riboflavin 0,20 mg

– Niasin 2,50 mg

– Kalsium 22 mg

– Besi 1,40 mg

– Fosfor 189 mg

– Magnesium 51 mg

– Kalium 192 mg

– Tembaga 0,32 mg

– Selenium 2,70 mg

– Seng 1,15 mg

Tips Memilih dan Menyimpan Pasta

Pilihan pasta yang terbaik untuk si Kecil sebenarnya adalah pasta yang dibuat dan diolah sendiri. Hanya saja, membuat pasta bukanlah perkara mudah. Tak heran, jika Mums lebih memilih untuk membeli pasta yang sudah jadi di toko.

Namun, untuk memastikan pasta yang diberikan kepada si Kecil memiliki kandungan nutrisi yang optimal dan menyehatkan, berikut ada beberapa tips dalam memilih dan menyimpan pasta yang dapat Mums praktikkan.

– Usahakan agar pasta yang Mums pilih bukanlah pasta instan, diproses, atau dibuat dari tepung serbaguna (maida).

– Pilihlah jenis pasta yang terbuat dari tepung gandum utuh atau pasta tepung beras. Lebih baik lagi jika Mums memilih jenis pasta organik.

– Selalu periksa tanggal kadawaluwarsa pada kemasan pasta sebelum membelinya.

– Pastikan tidak ada bahan tambahan atau perasa buatan karena dapat memengaruhi kesehatan si Kecil.

– Simpan pasta sesuai petunjuk pada kemasan atau pindahkan dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat sejuk dan kering.

Baca juga: Faktor Bayi Jadi Kurus dan MPASI yang Tepat Untuknya

Resep Membuat Tim Pasta Jamur

Nah, seperti telah disebutkan sebelumnya, memperkenalkan pasta kepada si Kecil akan jauh lebih baik jika dihidangkan langsung di depannya. Kali ini, yuk Mums kita coba membuat tim pasta dengan topping jamur dan juga daging. Selain enak, tentunya makanan ini juga menyehatkan untuk si Kecil!

BACA JUGA:  Si Kecil Menyusu Terus-Menerus? Mari Berkenalan dengan Cluster Feeding

Tim Pasta Jamur

Bahan:
– 60 gr pasta makaroni yang telah direbus
– 40 gr jamur kancing yang telah dicincang
– 40 gr daging sapi cincang
– 1 sdm irisan daun bawang
– 1/2 siung bawang putih yang telah dicincang
– 100 ml larutan susu formula lanjutan

Cara membuat:
– Rebus pasta makaroni hingga matang. Angkat dan tiriskan.
– Didihkan larutan susu formula. Masukkan daging sapi, jamur, daun bawang, bawang putih, dan makaroni. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang, kemudian angkat.
– Tuang ke dalam mangkuk makan dan hidangkan segera.

Nah, Mums itulah beberapa manfaat dan resep membuat pasta yang enak dan juga menyehatkan untuk si Kecil. Berniat mencobanya? (AS)

Baca juga: Informasi Penting tentang Menu MPASI 6 Bulan

Referensi

Parenting First Cry. “Pasta for Babies – When to Introduce and Quick Recipes“.

Resep Teman Bumil. “Tim Pasta Jamur”.

Comment