Mums, Yuk Buat Tim Kentang Keju untuk Si Kecil!

Kentang bisa menjadi pilihan MPASI yang baik bagi si Kecil. Sayuran yang satu ini adalah salah satu sumber karbohidrat, yang dapat membantu meningkatkan berat badan si Kecil. Nah, kira-kira apa lagi sih manfaat kentang untuk anak dan seperti apa ya olahan kentang yang bisa Mums buat untuk si Kecil? Yuk, intip di bawah ini!

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam tentang Alergi Kentang, Yuk!

Manfaat Kentang untuk Anak

Salah satu olahan kentang yang mudah dibuat untuk si Kecil adalah kentang pure. Kentang pure atau kentang yang dihaluskan merupakan cara penyajian paling aman, yang pastinya disukai oleh si Kecil. Teksturnya yang lembut membuat bayi tidak akan merasa kesulitan ketika memakannya.

Selain menjadi sumber karbohidrat sehat, kentang juga mudah dicerna dan sarat akan mineral serta vitamin. Kentang juga menjadi makanan yang paling jarang menyebabkan alergi, sehingga aman untuk disajikan.

Secara lebih lengkap, berikut manfaat kentang untuk anak:

– Kentang dapat membantu melindungi lever dan kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta menyuplai vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

– Membantu menjaga kulit tetap sehat, menyembuhkan luka bakar, dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gigitan serangga.

– Serat dan karbohidrat dalam kentang dapat membantu anak tetap kenyang.

Baca Juga :  Kunjungi Desa Wisata Sepok Laut, Windy Hidangkan Olahan Cumi dan Kepah

– Vitamin C dalam kentang dapat membantu mendukung sistem kekebalan dan proses penyerapan zat besi.

– Kandungan kalium pada kentang membantu otot berkontraksi dan menjaga tekanan darah normal.

Tips Membeli dan Membersihkan Kentang

Untuk memastikan nutrisi yang didapatkan oleh si Kecil optimal, Mums harus memilih jenis kentang yang tentunya berkualitas. Nah, berikut ini beberapa tips memilih dan membeli kentang yang bisa Mums praktikkan untuk membuat kentang pure.

1. Carilah kentang yang memiliki tekstur keras dengan kulit yang halus. Hindari memilih kentang yang terdapat memar pada kulitnya. Akan jauh lebih baik lagi jika Mums membeli kentang dari toko organik. Satu buah kentang berukuran sedang bisa menghasilkan sekitar 5 ons kentang pure.

2. Jangan memilih kentang yang sudah mulai bertunas. Ini menunjukkan bahwa kentang sudah tua.

3. Saat membersihkan kentang, bilaslah permukaan kulit kentang dengan air dingin. Gosok kulitnya dengan sikat kecil untuk menghilangkan sisa tanah atau kotoran lain. Setelah itu, bilas kembali kentang lalu kupas dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Ini dapat memudahkan Mums ketika ingin menghaluskannya.

Baca juga: Hindari Stres Saat Anak Mulai MPASI

Mums, Yuk Buat Tim Kentang Keju untuk Si Kecil!

Setelah melihat berbagai manfaat kentang untuk kesehatan anak, tentu Mums tidak ingin melewatkan jenis sayuran yang satu ini untuk si Kecil dong, ya. Nah, berikut ini tips membuat tim kentang dengan tambahan keju yang pastinya disukai oleh si Kecil. Selain enak, pastinya juga menyehatkan!

Baca Juga :  Dikukuhkan Sebagai Pembina Posyandu Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Siap Sinergikan Program Stunting hingga ke Tingkat Keluarga

Resep Tim Kentang Keju

Bahan:
– 150 gr kentang yang telah dicuci bersih
– 50 gr daging ayam cincang
– 5 lembar daun bayam yang telah diiris halus
– 150 ml kaldu daging
– 20 gr keju cheddar parut
– 1 sdt bawang bombai cincang

Cara membuat:
– Kukus 150 gr kentang yang telah dicuci bersih hingga lunak, kemudian haluskan dan sisihkan.
– Rebus kaldu hingga mendidih. Masukkan daging ayam cincang, kentang yang telah dihaluskan, irisan daun bayam, bawang bombai, dan keju. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang.
– Tuang ke dalam mangkuk makan. Hidangkan.

Kentang bisa menjadi pilihan karbohidrat menyehatkan bagi anak. Selain itu, dengan tambahan bahan lain, seperti keju, kentang bisa menjadi kudapan yang nikmat dan pastinya disukai. Jadi, berniat untuk mencobanya, Mums? (AS)

Baca juga: Informasi Penting tentang Menu MPASI 6 Bulan

Referensi

Parenting First Cry. “Mashed Potato Recipe“.

Parents. “How to Make Potato Puree for Babies“.

Resep Teman Bumil. “Tim Kentang Keju”.

Comment