Start dari Posisi ke-11, Finis Kedua, Joan Mir: Saya Sangat Capek!

KalbarOnline.com-Joan Mir kembali menunjukkan penampilan luar biasa pada ajang MotoGP. Dalam dua balapan beruntun, pembalap Suzuki tersebut konsisten naik podium.

Hari ini (20/9), pada race GP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Mir sukses besar naik podium kedua. Padahal, Mir start dari posisi ke-11. Sementara itu, pekan lalu, Mir finis ketiga.

Hebatnya, Mir meraih dua hasil luar biasa tersebut dengan cara menikung pada lap-lap terakhir. Hari ini, Mir mengambil kesempatan ketika Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Pol Espargaro (KTM) bertarung secara keras untuk berebut posisi kedua. Mir menikung saat race menyisakan empat lap.

  • Baca Juga: Murid Valentino Rossi Jatuh, Maverick Vinales Dapat Berkah Juara

Pekan lalu, Mir menikung bintang gaek Monster Energy Yamaha Valentino Rossi pada lap terakhir. Saat itu, Mir finis ketiga dan menggagalkan Rossi meraih podium ke-200 sepanjang karirnya.

Baca Juga :  Jatim-Jateng-Jogjakarta Dukung Moeldoko Jadi Ketum PP PBSI
Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales (tengah) menjadi juara GP Emilia Romagna. Posisi kedua ditempati rider Suzuki Ecstar Joan Mir (kiri). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro ada di posisi ketiga. (Andreas Solaro/AFP)

Bagi Mir, ini adalah podium ketiganya di MotoGP 2020. Sebelum meraih hasil hebat di Misano, dia menjadi runner-up pada GP Austria.

Pada balapan hari ini, Quartarao sejatinya berhasil finis ketiga. Namun, dia terkena penalti tiga detik dan harus menyerahkan podium ketiga kepada Espargaro.

Sementara itu sang pahlawan lokal, Valentino Rossi tampil buruk. Dia sudah jatuh saat balapan baru berlangsung dua lap. Rossi berusaha bangkit dan melanjutkan balapan. Namun, dia akhirnya retired pada lap ke-17.

Well saya sangat capek! Sebetulnya ini sangat sulit dilakukan,” kata Mir dalam wawancara setelah race. “Saya sangat bahagia, jika kamu memberikan 100 persen kemampuan, kamu bisa memetik hal yang terbaik. Di balapan ini, awalnya sangat sulit untuk menyalip. Tetapi saya bisa melakukannya. Saya terus mengejar. Dan akhirnya, saya bisa mendapatkan hasil yang luar biasa,” paparnya.

Baca Juga :  RESMI: Valentino Rossi Gabung dengan Tim Malaysia di MotoGP 2021

Kampiun Emilia Romagna didapatkan oleh Maverick Vinales. Ini adalah podium pertamanya musim ini. Bintang Monster Energy Yamaha itu menuntaskan status pole position yang dia dapatkan sehari sebelumnya, dengan kemenangan gemilang.

Hasil hebat Vinales dibantu oleh nasib apes yang diterima Francesco Bagnaia. Saat race sudah menyisakan tujuh lap lagi, Bagnaia yang memimpin nyaman di depan, malah jatuh.

Comment