TikTok Ajak Kreator Makin Produktif

KalbarOnline.com – Bertepatan dengan tiga tahun hadirnya TikTok di Indonesia, platform video singkat yang sedang naik daun ini meluncurkan kampanye baru bertajuk #SamaSamaDariTikTok. Selain sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator, pelaku industri dan penikmat TikTok, hal ini juga diklaim mengajak para kreator untuk semakin produktif berkreasi.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra menyampaikan, tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Menurutnya, kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi Covid-19.

“Kami berterima kasih karena selama 3 tahun TikTok telah menjadi rumah bagi kreativitas masyarakat Indonesia. #SamaSamadariTikTok merupakan sebuah kampanye untuk merayakan tren yang berawal dari TikTok. Mulai dari kesuksesan para kreator TikTok yang karyanya sudah dikenal banyak orang melalui konten mereka di TikTok, tren hashtag challenge yang menginspirasi hingga musik dari Indonesia yang semakin dikenal di dunia,” ungkap Angga.

Baca Juga :  Kerap Ditanya Soal Uji Klinis Obat Covid-19, Hadi Pranoto Kebingungan

Lebih jauh dirinya menyebut, TikTok merupakan salah satu platform yang menciptakan kolaborasi dan saling terhubung. Siapa yang mengira hanya lewat TikTok, seseorang bisa berduet dengan idolanya seperti berbagai musisi dan penyanyi berbakat dari negara lain.

Fitur Duet di TikTok memungkinkan kreator untuk saling berkolaborasi menciptakan kreativitas baru. Penyanyi Yura Yunita misalnya, dia menggunakan fitur ini dengan tagar #duetdirumah untuk terus berkarya bersama para pengguna TikTok lainnya.

Francis Karel, penyanyi asal Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat juga mengikuti tantangan duet dari penyanyi Meghan Trainor, dan mendapatkan video balasan langsung yang memuji penampilannya.
Bukan hanya untuk bernyanyi, tapi juga untuk saling berbalas konten, fitur #balaskomentar pun juga menjadi salah satu yang paling sering digunakan untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya secara langsung.

Baca Juga :  Robby Purba, Dimas Beck dan Armand Maulana Jadi Trending di Google

“Dengan semakin eratnya dunia digital dalam kehidupan kita, fitur musik di aplikasi TikTok bisa menjadi medium baru bagi para musisi lintas generasi dalam negeri untuk mempromosikan lagunya,” kata Adib Hidayat, pengamat musik dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, interaksi yang muncul antara lagu tersebut dengan publik, walaupun secara online, dapat menumbuhkan rasa keterikatan dengan lagu tersebut, yang akhirnya membuat musik tersebut mudah diingat dan terkenal. Selain itu, dia menyebut, lewat TikTok bisa menjadi medium baru untuk strategi promo efektif bagi musisi saat pandemi seperti ini.

Comment