Di Era Pandemi, Keamanan SD-WAN Bisa Menjadi Prioritas Perusahaan

Pelanggan perusahaan telah lama mengandalkan wide-area networks (WAN) untuk mendukung komunikasi bisnis multi-lokal. Namun seiring dengan peningkatan adopsi layanan berbasis cloud, aplikasi SaaS, dan BYOD, kinerja WAN tradisional berjuang untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan bandwidth mereka. Sementara itu, bisnis digital saat ini tidak hanya membutuhkan fleksibilitas tetapi juga interoperabilitas yang saling terkait antara pengguna, aplikasi, dan perangkat, sesuatu yang tidak dapat disediakan oleh kebanyakan WAN statis.

Faktor-faktor seperti inilah yang telah menyebabkan organisasi mengadopsi solusi software-defined wide-area network (SD-WAN) yang dapat beradaptasi dengan persyaratan jaringan baru yang dibawa oleh transformasi digital. Menawarkan lebih banyak kelincahan, daya tanggap, dan efektivitas biaya bagi pelanggan perusahaan; SD-WAN meningkatkan kinerja aplikasi untuk jaringan yang sangat diperdagangkan. Ketika dipilih dan diterapkan dengan benar, SD-WAN juga dapat menyediakan perangkat keamanan terintegrasi yang saling melengkapi yang mendukung dan meningkatkan persyaratan transformasi digital baru ini.

SD-WAN adalah alternatif dengan biaya hemat untuk infrastruktur WAN yang dapat meningkatkan kecepatan dan waktu operasional cabang melalui broadband jaringan publik. Ketika datang untuk mengamankan SD-WAN, misalnya, banyak pemimpin TI bergumul dengan biaya dan kerumitan yang terkait dengan pengembangan, penerapan, dan pemeliharaan solusi overlay. Alasan hal ini terjadi adalah karena sebagian besar vendor SD-WAN memberikan sedikit atau bahkan tidak ada keamanan sebagai bagian dari solusi mereka. Akibatnya, pelanggan harus menerapkan keamanan sebagai bahan pertimbangan.

Dan mencoba melakukan itu ketika ada volume tinggi data penting yang terlibat kurang dari ideal, karena perubahan cepat dalam hal-hal seperti konektivitas dan penggunaan aplikasi memerlukan keamanan dan jaringan untuk diintegrasikan sepenuhnya setiap saat. Oleh karena itu, SD-WAN perlu menggabungkan tidak hanya alat keamanan tingkat lanjut seperti analisis perilaku dan kotak pasir, tetapi juga alat penting seperti keamanan aplikasi, sistem pencegahan intrusi (IPS), dan firewall generasi berikutnya (NGFW).

Baca Juga :  17 Fitur Andalan Samsung Galaxy Note20 Ultra, Nomor 8 Paling Canggih

Peralatan tunggal, di mana semua fungsi jaringan, konektivitas, dan keamanan terintegrasi penuh ke dalam satu sistem yang koheren, akan selalu jauh lebih efisien daripada solusi berbeda yang berfungsi untuk melayani tujuan individu. Ini berarti bahwa keamanan harus diterapkan bukan sebagai overlay yang terisolasi tetapi sebagai fitur terintegrasi yang memudahkan untuk melindungi fungsi jaringan yang terus berubah seperti berbagi bandwidth dan koreksi kesalahan tautan. Pada saat yang sama, pendekatan terintegrasi juga memastikan bahwa kinerja tidak dikompromikan bahkan ketika berkaitan dengan aktivitas intensif prosesor seperti pemeriksaan mendalam overlay koneksi VPN yang kompleks.

Bagaimana Secure SD-WAN Bantu Mengatasi Tantangan Jaringan dan Keamanan
Menerapkan solusi terintegrasi cerdas yang menangani jaringan pelanggan dan tantangan keamanan membantu organisasi mewujudkan berbagai manfaat, termasuk:

Pengurangan biaya: Menjadi hemat adalah tujuan penting bagi sebagian besar organisasi. Hal ini dapat dicapai dengan mengganti WAN berbiaya rendah dan berbiaya tinggi dengan sambungan pita lebar berbiaya rendah dan lebar pita tinggi. Dengan solusi terintegrasi, tim TI dapat membuat dan mengotomatiskan VPN situs-ke-situs yang membentuk overlay yang saling terhubung antara kantor cabang, cloud, dan pusat data perusahaan. Selain itu, mereka dapat memastikan penegakan dan perlindungan berbasis kebijakan yang konsisten di seluruh jaringan terdistribusi, dan bahkan memeriksa lalu lintas antar kantor serta semua lalu lintas aplikasi secara real time – pergeseran positif dari penerapan praktik keamanan yang terisolasi.

Mengurangi kompleksitas: Ketika keamanan dan jaringan dikelola melalui satu antarmuka, organisasi akan menghindari kerumitan yang sering dikaitkan dengan manajemen, konfigurasi, dan orkestrasi WAN. Tampilan panel kaca tunggal ini tidak hanya akan membantu meningkatkan kontrol dan visibilitas, tetapi juga akan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyediakan jalur sewa dan MPLS dan kemudian menerapkan strategi keamanan yang efektif. Dengan pengenalan lokasi yang lebih cepat, pelanggan juga akan dapat dengan cepat memecahkan masalah dengan mudah.

Baca Juga :  Jalin Kerjasama, Telkomsel Sediakan Kuota Khusus TikTok Di Paket Ketengan

Manajemen terpusat: Dengan solusi SD-WAN terintegrasi, pelanggan perusahaan dapat menikmati penyediaan zero-touch dan kemampuan manajemen terpusat yang menjangkau seluruh penerapan SD-WAN, mulai dari konfigurasi hingga konektivitas hingga keamanan. Dengan memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengatur solusi keamanan terpadu di beberapa lokasi cabang, lingkungan cloud, dan perangkat, tim TI dapat memastikan kontrol otomatis konektivitas WAN kantor cabang. Pada saat yang sama, pelanggan akan mencapai visibilitas satu panel kaca di seluruh organisasi terdistribusi mereka, yang mencakup semua pengguna dan aplikasi untuk mengidentifikasi potensi ancaman.

Peningkatan kinerja: Satu survei menemukan bahwa organisasi perusahaan yang menerapkan SD-WAN menggunakan bandwidth 50% lebih banyak daripada yang bergantung pada koneksi WAN tradisional. Bandwidth ini memberikan aksesibilitas aplikasi yang lebih efektif, dukungan alur kerja yang lebih kuat, dan produktivitas yang ditingkatkan, menghasilkan keunggulan kompetitif yang berbeda untuk organisasi ini. Dan seiring dengan pertumbuhan kebutuhan bandwidth ini, solusi SD-WAN terintegrasi dapat memungkinkan pelanggan untuk mengukur kapasitas bandwidth secara dinamis berdasarkan kebutuhan spesifik mereka melalui penggunaan fungsionalitas jaringan tingkat lanjut. Melalui praktik ini, pelanggan dapat mencentang semua kotak untuk kinerja aplikasi tinggi tanpa meninggalkan celah dalam keamanan atau harus mengejar ketinggalan untuk melindungi jaringan mereka.

Keamanan teratas: Portofolio keamanan terintegrasi yang menampilkan fungsionalitas jaringan tingkat lanjut dan tampilan satu panel kaca memungkinkan organisasi mencapai visibilitas penuh di semua lokasi perusahaan mereka. Dengan menerapkan keamanan tingkat perusahaan dengan fungsi jaringan yang terkonsolidasi, inspeksi SSL yang komprehensif, dan tunneling VPN dinamis di lokasi cabang, pelanggan akan dapat mencapai tujuan transformasi digital mereka tanpa mengorbankan keamanan.

The post Di Era Pandemi, Keamanan SD-WAN Bisa Menjadi Prioritas Perusahaan appeared first on KalbarOnline.com.

Comment