by

Bupati Martin Kembali Resmikan Puskesmas di Pedalaman Ketapang

Bupati Martin Kembali Resmikan Puskesmas di Pedalaman Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Pasca peresmian Puskesmas Simpang Dua, Kecamatan Simpang Hulu, Puskesmas Sungai Melayu, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Pukesmas Riam, Kecamatan Jelai Hulu, Bupati Ketapang, Martin Rantan kembali meresmikan Puskesmas di daerah yang keberadaannya jauh dari pusat kota. Kali ini Bupati Martin meresmikan Puskesmas Air Upas yang terletak di Kecamatan Air Upas, Kamis (17/9/2020).

Dalam sambutannya, Martin menyampaikan kalau pembangunan di bidang kesehatan dilakukan berjenjang dari pusat hingga di daerah. Di level kecamatan, pembangunan kesehatan diselenggarakan oleh puskesmas.

Puskesmas diharapkan mampu menciptakan wilayah kerja kecamatan yang sehat, yaitu tercipta kondisi sosial di mana masyarakat di wilayah kerja puskesmas menjadi sadar sehat, kondisi sosial di mana masyarakatnya memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat.

Selanjutnya, untuk mewujudkan Kecamatan Air Upas sehat, Puskesmas Air Upas harus mampu memberi pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Maka, dibutuhkan juga fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas pula. Puskesmas Air Upas sendiri dibangun dengan standar kesehatan yaitu puskesmas yang mengacu pada prototipe Kemenkes RI.

“Semua itu demi untuk mewujudkan Kecamatan Air Upas yang sehat,” Kata Martin.

Martin juga mengungkapkan, sebagai komiten pemerintah dalam pembangunan kesehatan, untuk mewujudkan masyarakat Ketapang yang sehat, Pemda Ketapang di tahun 2020 ini telah membangun tiga unit puskesmas lengkap dengan sarana dan prasarana kesehatannya, yaitu Puskesmas Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan, Puskesmas Pemahan, Kecamatan Pemahan dan Puskesmas Nanga Tayap di Kecamatan Nanga Tayap.

Selain itu, Martin juga memotivasi masyarakat agar dapat beradaptasi dengan pola hidup baru namun juga berpesan agar masyarakat Ketapang tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

Ia juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi mendalam kepada semua pihak yang telah bekerja, berpartisipasi dalam pembangunan Puskesmas Kecamatan Air Upas ini.

“Saya atas nama Bupati Ketapang mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada pihak-pihak yang telah bekerja hingga selesainya pembangunan Puskesmas Air Upas ini,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed