Saat Musim Hujan, Periksa 4 Komponen Ini Sebelum Berkendara

KalbarOnline.com – Memasuki musim penghujan bagi Anda pengguna kendaraan roda dua harus mempersiapkan beberapa hal agar tetap bisa menjalankan aktivitas. Bila ini tak dilakukan maka rasa tak aman dan nyaman akan menhantui selama menggunakan sepeda motor.

Bagi pengendara motor yang sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan agar memberi perhatian lebih pada motornya. Sebelum mengendarai motor di kondisi hujan atau jalanan basah. Ada beberapa komponen motor yang sebaiknya dicek untuk memastikan keamanan pengendara ketika riding. Apa saja? Simak beberapa tips berikut ini

Pastikan Ban dalam Kondisi Baik

Ban perlu dipastikan masih dalam kondisi bagus. Bagus di sini artinya ban tidak boleh aus dan harus masih punya alur atau kembangan yang cukup untuk bisa mengalirkan air. Hal ini penting karena sangat bahaya jika pakai ban botak, khususnya saat hujan karena tidak ada alur untuk buangan air yang ada di permukaan jalan. Kalau memang sudah menyentuh batas TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya ban segera diganti.

Baca Juga :  Taksi Swa Kemudi Ini Tawarkan Solusi Transportasi Physical Distancing

Kampas Rem Normal

Komponen selanjutnya yang sebaiknya dicek adalah kampas rem. Ketika musim hujan, peran komponen yang satu ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. Pastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.

Periksa Minyak Rem

Agar pengereman lebih maksimal di jalanan yang basah, selain kampas rem yang masih prima, jangan lupa juga pastikan minyak rem masih cukup dan tidak kurang. Sebaiknya sebelum menggunkan sepeda motor melakukan pemeriksaan, atau lakukan pengecekan satu minggu sekali.

Baca Juga :  Grup Astra Dukung Ekspor ke Pasar Global Saat Pandemi

Oli

Pastikan oli motor tidak mengalami kebocoran karena jika bocor jalanan yang basah akan semakin licin. Selain membahyakan diri kita sendiri, orang lain akan mendapatkan dampak ketika oli Anda tercecer.

Selain memastikan empat komponen tersebut yang sudah disebutkan agar aman, pengendara motor juga perlu menjaga perilaku berkendara yang aman saat musim hujan. Ketika berkendara dalam kondisi hujan, jangan memacu kendaraannya kencang-kencang. Agar aman, maksimal 50km/jam saja. Jangan lupa selalu patuhi dan menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

Comment