by

Muda Mahendrawan Optimis Kubu Raya Juara Umum MTQ XXVIII Kalbar

Muda Mahendrawan Optimis Kubu Raya Juara Umum MTQ XXVIII Kalbar

KalbarOnline, Sekadau – Mengusung tema “Kita Mantapkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-Nilai Alquran Untuk Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama Menuju Masyarakat Yang Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing” perhelatan akbar MTQ XXVIII tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Sekadau, Rabu (16/9/2020) resmi dibuka.

Ajang pemuliaan quran ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan. Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut para pemimpin daerah kabupaten/kota, salah satunya Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan istri yang mengikuti sejak awal hingga akhir dari acara pembukaan. Mengingat pelaksanaan MTQ kali ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19, maka dibagi dua konsep yakni secara factual dan virtual.

Ditemui usai acara pembukaan tersebut Bupati Muda Mahendrawan mengaku optimis terhadap kemampuan-kemampuan para kafilah Kubu Raya baik di kategori anak-anak, remaja dan dewasa. Dengan digelarnya secara faktual, akan menyeleksi para Qori dan Qoriah terbaik untuk mewakili Kalimantan Barat tampil selanjutnya di tingkat nasional.

“Hasilnya untuk di Sumatera Barat nanti. Jadi saya kira ini semua menjadi pertimbangan Dewan Juri secara objektif dan independen, karena ketika kita mengirim kafilah dari Kalbar untuk mewakili tentunya kualitas menjadi faktor utama,” ucap Bupati Muda di Sekadau.

Menurut Bupati ajang MTQ bukan hanya mencari calon juara, namun proses menuju kualitas kafilah terbaik yang memiliki kemampuan tinggi dari yang lainnya, dapat tersaring secara objektif sehingga utusan dari Kalimantan Barat merupakan unggulan yang dapat menimbulkan rasa kebanggaan terhadap kalimantan Barat itu sendiri.

“Target kita juara umum, karena sejak dahulu Kabupaten Kubu Raya selalu mengirim kafilah yang berkualitas yang menempuh tahapan-tahapan seleksi dengan ketat,” tegas Bupati.

Selaras dengan visi Kubu Raya yakni terwujudnya Kabupaten Kubu Raya yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Religius. Bupati Muda merasa nyakin Kubu Raya sangat berpotensi untuk maju sebagai juara.

“Seleksi kita dimulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga ditingkat kabupaten. Jadi Kubu Raya telah melakukan penyeleksian kafilah secara ketat. Dengan hal ini dinyakini, kalau kita memang mengirim kafilah-kafilah unggul,” beber Bupati.

Selain itu, Bupati Muda Mahendrawan juga mengapresiasi persiapan Pemkab Sekadau dalam menyelenggarakan MTQ ke 28, di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kita apresiasi kepada panitia terutama pak Bupati Sekadau, serta seluruh jajarannya. Begitu juga panitia LPTQ Kalbar, Pemprov Kalbar melalui pak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar. Semoga seluruh panitia bisa fokus. Dan protokol kesehatan tetap terkawal dengan baik,” tandasnya. (ian)

Comment

News Feed