Categories: Kabar

Momentum HUT Ke-75 PMI, Enos Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial

KalbarOnline.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI) yang jatuh hari ini, Kamis (17/9), Calon Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin Hamzah mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial.

Ajakan Enos, Lanosin Hamzah biasa disapa, juga berkaitan pada tujuh dasar gerakan PMI, yakni kemanusiaan, kesukarelawanan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

Menurut Enos, setiap aktivitas yang di masyarakat, terutama Kabupaten OKU Timur, juga harus berkesesuaian dengan tujuan PMI, yakni meringankan penderitaan sesama tanpa membedakan agama, bangsa, suku, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, juga pandangan politik.

“Bertepatan dengan HUT ke-75 PMI, mari kita meningkatkan rasa kepedulian sosial kita kepada sesama. Di tengah kondisi pandemi Covid-19, kepedulian sosial sangatlah berarti untuk meringankan segala dampak yang bisa ditimbulkan,” kata Enos saat ditemui di kawasan Martapura, Kamis (17/9).

Pandemi virus corona baru, menurut Enos, memukul hampir seluruh aspek. Imbasnya, ekonomi terpuruk. Karena itu, Enos mengajak seluruh masyarakat, terutama di OKU Timur, untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19 dengan kepedulian sosial.

Cara terpenting yang diingatkan Enos yakni mematuhi anjuran pemerintah, termasuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, juga menjaga jarak.

Di sisi lain, Enos yang berpasangan dengan Adi Nugraha Purna Yudha dalam kontestasi Pilkada OKU Timur memastikan akan terus bersinergi dengan PMI ketika menjalankan misi kemanusiaan. “Bersama masyarakat, kami akan membantu PMI menjalankan misi kemanusiaan,” tutur Enos.

Terkait momentum HUT ke-75, Enos berharap gerakan PMI bisa lebih besar dan meluas. Selain itu, kesejahteraan, kenyamanan, dan perlindungan untuk PMI juga perlu ditingkatkan. Menurut Enos, PMI merupakan elemen terpenting dalam menjalankan misi kemanusiaan.

Saat ini PMI telah berdiri di 34 provinsi, 474 kabupaten/kota, dan 3.406 kecamatan. PMI juga mempunyai hampir 1,5 juta sukarelawan yang siap melakukan pelayanan. (ind)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Sambangi RS Dharmais, Dirut Bank Kalbar Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Mantan Sekda M Zeet Assovie

KalbarOnline, Jakarta - Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi turut menyambangi Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais…

5 mins ago

Laka Lantas di Sekadau Tewaskan Pengendara Motor Yamaha Vixion

KalbarOnline, Sekadau - Kecelakaan tragis terjadi pada Senin (06/05/2024) pagi sekitar pukul 07.30 WIB di…

39 mins ago

Terjun dari Sampan, Warga Sekadau Terseret Arus dan Hilang di Sungai Ensayang

KalbarOnline, Sekadau - Seorang warga bernama Yohanes Leman (41 tahun) dikabarkan hilang tenggelam terbawa arus…

42 mins ago

Penemuan Mayat di Selokan Jalan Gajah Mada Gegerkan Warga

KalbarOnline, Pontianak - Sejumlah warga dan pengendara jalan dihebohkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki mengapung…

2 hours ago

Disdik Kayong Utara Gelar Seleksi Talenta O2SN dan FLS2N Tingkat Kabupaten

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemkab Kayong Utara melalui Dinas Pendidikan menggelar seleksi ajang talenta O2SN…

3 hours ago

Dua Bocah Bawah Umur Tewas Kecelakaan di Jalan Putri Dara Hitam Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Dua bocah bawah umur, MR (13 tahun) dan FB (13 tahun), tewas…

4 hours ago