All New Hyundai Tucson Generasi Empat Segera Meluncur Ini Bocorannya

KalbarOnline.com – Akhirnya setelah lama ditunggu Hyundai Motor Company (Hyundai) resmi luncurkan generasi keempat dari keberadaan SUV yaitu All New Hyundai Tucson. Ini merupakan model global yang hadir dalam dua varian dengan wheelbase panjang serta wheelbase pendek.

Selain dibedakan dengan keberadaan wheelbase juga mesin yang digunakan ada dua macam yaitu menggunakan sumber tenaga mesin konvesional dan hybrid. Varian Hybrid memadukan mesin bensin 1.6 liter dengan motor listrik.

Seperti dilansir dari situs resmi Hyundai, penjualan untuk pasar lokal Korea Selatan akan dilakukan mulai September tahun ini. Sementara untuk Amerika Serikat dan Eropa mulai dilakukan pada semester pertama di 2021 nanti.

Executive Vice President & Product Division Head Hyundai, Thomas Schemera mengungkapkan kalau mobil ini menyajikan tolok ukur baru inovasi di segmennya. “All New Hyundai Tucson menghadirkan perpaduan desain, teknologi, pengemasan, serta performa yang mengesankan,” ujarnya.

Baca Juga :  Begini Tampilan, Fitur dan Harga Toyota New Hilux yang Diluncurkan

Pada varian mesin konvensional 2.5 liter diklaim mampu menghasilkan semburan tenaga sekitar 190 PS dengan torsi 182 lb.ft. Dimana penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis 8 kecepatan untuk efisiensi dan akselerasi yang sangat baik.

Tak hanya itu, untuk varian mesin konvensional juga ada yang menggunakan mesin diesel 2.0 liter dengan kemampuan tenaga yang dihasilkan 186 PS. Tenaga ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis delapan tingkat percepatan.

Pada varian hybrid yang merupakan gabungan mesin konvensional 1.6 liter dengan motor listrik, diklaim mapu menghasilkan tenaga hingga 230 PS. Pada varian ini menggunakan transmisi Continuously Variable Valve Duration (CVVD).

Baca Juga :  Mitsubishi Motors Mendesain Ulang New Eclipse Cross, Meluncur 2021

Dikatakan bahwa pada varian yang menggunakan transmisi CVVD mempunyai keunggulan mampu mengatur durasi pembukaan katup untuk daya. Serta efisiensi dan emisi bisa diminimalkan.

Tampilan desain luarnya berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana desain bodinya menonjolkan garis tajam. Banyak gari lipatan dengan sudut-sudut tajam. Selain itu ubahan juga tampak pada bagian gril dengan lampu DRL yang menyatu. Pada bagaian ujungnya meruncing dimana paduan grill dengan DRL terlihat menyerupai sayap. Sebagai informasi di Indonesia Hyundai Tucson generasi ketiga dibanderol mulai Rp471 – Rp523 juta.

Comment