Inalillahi, Satu Lagi Pasien Covid-19 di Kalbar Meninggal Dunia

Inalillahi, Satu Lagi Pasien Covid-19 di Kalbar Meninggal Dunia

KalbarOnline, Pontianak – Satu lagi pasien konfirmasi Covid-19 yang dirawat di RSUD Soedarso Pontianak dinyatakan meninggal dunia. Sehingga secara keseluruhan, sudah tujuh kasus Covid-19 meninggal di Kalbar. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson saat diwawancarai wartawan di Pontianak, Selasa (15/9/2020).

“Hari ini terjadi penambahan kasus pasien meninggal, sebanyak satu orang, sehingga sampai 15 September 2020 ini, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal sebanyak tujuh orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan pasien Covid-19 yang meninggal tersebut berasal dari Kota Pontianak pada 14 September yang dirawat di RSUD Soedarso Pontianak. Namun, belum lama mendapat perawatan pasien tersebut meninggal.

“Sebelum dirawat di RSUD Soedarso, pasien mengalami gejala demam dan batuk serta sesak napas. Mengetahui gejala tersebut pasien langsung dites cepat COVID-19 dan hasilnya reaktif sehingga kita lanjutkan ke pemeriksaan tes usap TCM dan hasilnya positif,” jelasnya.

Baca Juga :  Perjuangan Hongkong Hadapi Gelombang Pertama hingga Ketiga Covid-19

Orang nomor wahid di jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar ini mengatakan jika dilihat dari umur pasien yang meninggal masih cukup muda, baru 42 tahun. Namun, pasien meninggal dan terkonformasi positif Covid-19.

“Ini mengingatkan kita bahwa kita tidak boleh menganggap remeh virus ini, karena tidak hanya membahayakan pasien yang di usia tua dan memiliki penyakit lain, namun ternyata virus ini juga bisa menyerang dan menyebabkan kematian pada usia yang relatif muda,” katanya.

Baca Juga :  444 Calon Jamaah Haji Kalbar Berangkat Menuju Embarkasi Batam Hari Ini…

Untuk itu dirinya tidak henti-henti mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, selalu menjaga jarak, selalu cuci tangan dan menggunakan masker.

“Intinya kita tidak boleh lengah dan selalu jauhi orang yang tidak menggunakan masker,” kata Harisson.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu ini menambahkan untuk jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalbar pada Selasa ini terdapat tambahan sebanyak 4 kasus baru yang berasal dari Kota Pontianak dua orang, satu di Singkawang dan satu lagi di Bengkayang.

“Dengan adanya penambahan kasus baru ini, jadi total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalbar sampai Selasa ini sebanyak 784 kasus, 655 orang sembuh dan tujuh meninggal,” kata Harisson.

Comment