Fadel Desak Pemerintah Siapakan Fasilitas Vaksinasi Hingga Puskesmas

KalbarOnline.com – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad meminta kepada pemerintah untuk mempersiapkan seluruh fasilitas vaksinasi Covid-19 sampai ke tingkat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Termasuk soal pembiayaan yang wajib ditanggung semuanya oleh negara.

“Dari kunjungan ke Bio Farma ini ada dua hal yang menjadi perhatian, pertama, kami minta kepada pemerintah agar semua vaksinasi nanti ditanggung negara. Kedua, kita juga minta kepada pemerintah untuk menyiapkan seluruh fasilitas vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas,” kata Fadel Muhammad dalam keterangan tertulisnya.

Hal itu dikatakannya saat kunjungan ke PT. Bio Farma, di Bandung, Selasa (15/9). Menurut Fadel, penyiapan fasilitas vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas bukan hal yang mudah sehingga pemerintah perlu untuk mempersiapkan sejak jauh hari.

Baca Juga :  Jawab Tudingan Soal Konspirasi Covid-19, Dokter: Fokus Layani Pasien

Mantan Gubernur Gorontalo itu mengatakan, penyiapan fasilitas vaksinasi itu meliputi penyediaan jarum suntik, alkohol, tempat penyimpanan vaksin, alat angkut, distribusi dan lainnya harus dilakukan dengan hari-hati.

“Itu pekerjaan yang sangat sulit, dan waktunya juga sudah mendesak. Jangan sampai ketika vaksin sudah diproduksi, sekitar akhir tahun ini (2020) lalu kita baru kelabakan mempersiapkan fasilitas vaksinasi untuk Covid-19,” ujarnya.

  • Baca Juga: Erick ‘Ngamuk’ Gaji Staf Direktur BUMN Ratusan Juta, Ini Kata DPR

Menurut Fadel, saat itu vaksin Covid-19 sudah mulai diproduksi BUMN Bio Farma pada akhir tahun 2020, dan bahan baku untuk vaksin COVID-19 dari China sudah tersedia pada bulan November 2020. Karena itu dia memperkirakan sekitar bulan Januari atau Februari 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengeluarkan izin khusus untuk vaksin Covid-19.

Baca Juga :  Sandi Nilai Kondisi Saat Ini Lebih Parah dari Krisis 1997 dan 2008

“Pemerintah harus mempersiapkan fasilitas vaksinasi, jangan tiba-tiba bilang tidak ada jarum suntik, tidak ada tempat penyimpanan vaksin, dan lainnya. Tidak mudah menyiapkan jutaan jarum suntik dan lainnya sehingga pemerintah perlu menyiapkannya dari sekarang,” katanya.

Fadel juga membuka kemungkinan untuk vaksinasi secara mandiri, dan itu sudah dilakukan di China dan Uni Emirat Arab (Dubai). Vaksinasi secara mandiri, kata Fadel, bisa melibatkan pihak swasta atau BUMN untuk ambil bagian mempercepat dan mengakselerasi vaksinasi bagi rakyat Indonesia.

Comment