by

Apple Luncurkan iPad Terbaru yang Disebut Terkuat

KalbarOnline.com – Apple melalui sebuah acara virtual pada Rabu (16/9) dini hari resmi memperkenalkan iPad Air baru. IPad Air baru itu diklaim merupakan perangkat iPad Air yang paling kuat, serbaguna, dan penuh warna yang dihadirkan Apple di bulan September yang biasanya menjadi agenda rutin peluncuran iPhone terbaru.

iPad Air sekarang tersedia dalam lima sentuhan pewarnaan yang disebut menawan. IPad Air juga menampilkan desain full screen dengan layar Liquid Retina 10,9 inci yang lebih besar, peningkatan kamera dan audio, sensor Touch ID terintegrasi baru di tombol atas, dan A14 Bionic yang kuat untuk dorongan besar-besaran dalam performa.
“Hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan iPad Air yang sepenuhnya didesain ulang dan jauh lebih kuat, yang meluncurkan chip Apple yang paling kuat yang pernah dibuat, A14 Bionic,” kata Greg Joswiak, wakil presiden senior Pemasaran Seluruh Dunia Apple pada acara virtual tersebut.
Dia melanjutkan, dengan desain full screen baru yang menawan, layar Liquid Retina 10,9 inci yang lebih besar, Touch ID generasi baru, dan peningkatan performa yang sangat besar dengan A14 Bionic, iPad Air baru akan menghadirkan fitur profesional dan kuat kepada pelanggan dengan harga yang bahkan lebih terjangkau.
“Seiring dengan peningkatan besar-besaran pada iPad Pro dan iPad generasi kedelapan tahun ini, dan fitur-fitur baru yang kuat dari iPadOS 14, ini adalah jajaran iPad terkuat kami, yang memberikan lebih banyak cara kepada pelanggan kami untuk memperkaya kehidupan sehari-hari mereka,” imbuh Joswiak.
Seperti sudah beberapa kali disinggung di atas, soal performa dan spesifikasi, iPad Air diklaim memberikan peningkatan performa yang luar biasa dengan chip Apple yang paling canggih, A14 Bionic. Menangani aplikasi yang paling berat sekalipun, A14 Bionic dikatakan semakin memudahkan pengguna untuk mengedit video 4K, membuat karya seni yang indah, memainkan game yang imersif, dan banyak lagi.
Menggunakan terobosan teknologi proses 5 nanometer, A14 Bionic dikemas dengan 11,8 miliar transistor untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya di hampir setiap bagian chip. Chip seri A generasi terbaru ini memiliki fitur desain 6 inti baru untuk peningkatan 40 persen dalam kinerja CPU, dan arsitektur grafis 4-inti baru untuk peningkatan 30 persen dalam grafik.
Untuk menghadirkan kemampuan pembelajaran mesin yang luar biasa, A14 Bionic di dalamnya termasuk teknologi Neural Engine 16 inti baru yang dua kali lebih cepat, dan mampu melakukan hingga 11 triliun operasi per detik, membawa aplikasi pembelajaran mesin ke tingkat yang benar-benar baru. A14 Bionic juga menyertakan akselerator pembelajaran mesin generasi kedua di CPU untuk penghitungan pembelajaran mesin 10 kali lebih cepat.
Kombinasi Neural Engine baru, akselerator pembelajaran mesin CPU, dan GPU berperforma tinggi ini memungkinkan pengalaman hebat di perangkat untuk pengenalan gambar, pembelajaran bahasa alami, analisis gerakan, dan banyak lagi.
Untuk hiburan dan fotografi, iPad Air, yang menyertakan kamera FaceTime HD menghadap ke depan 7 MP, sekarang memiliki fitur kamera belakang 12 MP yang sama dengan yang digunakan di iPad Pro untuk foto dengan resolusi lebih tinggi dan pengambilan video 4K. Desain baru iPad Air menghadirkan speaker stereo dalam mode lanskap, meningkatkan pengalaman audio sehingga pengguna dapat menikmati suara stereo yang lebih luas saat menonton video.
IPad Air juga sekarang dilengkapi port USB-C untuk transfer data hingga 5 Gbps, yang 10 kali lebih cepat, 2 untuk menghubungkan ke kamera, hard drive, dan monitor eksternal hingga 4K. Dengan kinerja Wi-Fi 6 dan konektivitas LTE 60 persen lebih cepat, 3 bersama dengan A14 Bionic, ini adalah iPad Air paling kuat yang pernah ada.
Untuk urusan harga dan ketersediaan, iPad Air baru bakal ditawarkan dalam dua pilihan konektivitas, yakni model Wifi dan Wifi + seluler.  Harganya yakni mulai dari USD 599 atau sekitar Rp 8,8 jutaan untuk varian 64 GB Wifi dan varian 64 GB Wifi + seluler akan dijual seharga USD 729 atau sekitar Rp 10,8 jutaan.
Apple juga menjual iPad Air 4 dengan opsi media penyimpanan 256 GB. Harganya yak USD 749 datau sekitar Rp 11 juta (Wifi) dan USD 879 atau sekitar Rp 13 jutaan untuk varian Wifi + seluler. Untuk ketersediaan, iPad Air baru akan hadir di pasaran pada Oktober mendatang. (*)

Comment

News Feed