Seragam Satpam Kini Mirip Polisi, Warnanya Cokelat dan Ada Pangkatnya

KalbarOnline.com – Kapolri Jenderal Idham Azis mengubah seragam satuan pengamanan atau satpam. Perubahan atribut itu tertuang di dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

Seragam baru satpam tersebut kini mirip dengan anggota kepolisian berwarna coklat. Karena sebelumnya berwarna putih dengan celana biru gelap.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono menyatakan, kemiripan seragam satpam dengan polisi itudiharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian yang terbatas.

Baca Juga :  Menag Akan Diisolasi di Rumah Sakit, Lokasi Tidak Diberitahukan

“Agar terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam,” kata Awi dikonfirmasi, Selasa (15/9).

  • Baca Juga: ‎Kapolri Larang Cakada Diproses Hukum Selama Pilkada, Ini Alasannya

Awi menyampaikan, satpam akan diberikan pangkat dengan seragam sama seperti anggota kepolisian. Menurutnya,  filosofi pakaian seragam satpam yang berwarna coklat muda untuk baju dan coklat tua untuk celana identik dengan warna tanah atau bumi, kayu dan batu yang berarti warna alami.

Baca Juga :  Amankan Libur Nataru Kapolri Terbitkan Maklumat, Ini Isinya

Selain itu, jenis seragam satpam juga bertambah menjadi lima macam. Dalam peraturan sebelumnya, hanya terdapat empat macam seragam satpam.

Kelimanya terdiri dari, PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH) dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

“Jadi coklat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran,” pungkas Awi.

Comment