Saat Pandemi Ini Trik Menjual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

KalbarOnline.com – Dalam kondisi seperti ini (pandemi covid-19) banyak keperluan yang tak terduga, belum lagi kebutuhan harian harus tetap terpenuhi. Tak jarang bila masyarakat mengambil langkah untuk menjual mobilnya untuk menutupi kebutuhan.

Nah, dalam kondisi seperti ini bursa jual beli mobil bekas menjadi salah satu solusi terkait hal ini. Namun perlunya cara jitu untuk menjual mobil bekas tersebut tentu saja tidaknya hanya sekedar menjual saja. Harus mengenal dan memahami trik bagaimana cara penjualan yang tepat agar bisa menarik konsumen.

Tips jual mobil bekas juga bisa menjadi langkah tepat bagi Anda yang tengah menjual mobil Anda, baik secara online maupun offline. Anda tak perlu pergi ke showroom yang dibeli dengan harga rendah. Anda bisa menjualnya secara mandiri dengan harga yang sesuai ekspektasi dan realistis.

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjual mobil bekas Anda. Paling penting sesuai dengan ekspektasi untuk memenuhi kebutuhan yang sudah direncanakan.

Lakukan Survey Harga Pasar

Langkah ini sebagai referensi untuk menentukan harga jual mobil Anda agar sesuai dan realistis dengan kisaran harga di pasaran. Informasi mengenai harga pasaran dari mobil bekas yang akan Anda jual sangat penting mengingat Anda nantinya bisa mematok harga terbaik, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebaiknya cari harga pasaran dari mobil bekas Anda, sesuaikan harga dengan kondisi mobil yang bakal Anda jual.

Baca Juga :  Kawasaki Hadirkan Versys 1000 S Terbaru Buat Pasar Eropa

Siapkan Kondisi Mobil Sebaik Mungkin

Ada baiknya untuk menyiapkan mobil sebaik mungkin. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, baik dari segi eksterior maupun kabin interiornya. Bukan tanpa alasan mengingat kebersihan atas mobil bekas yang akan Anda jual tersebut pastinya bakal mendongkrak nilai lebih bagi calon konsumen.

Paling tidak mempunyai tampilan yang layak jual. Tentu saja, Anda bisa membersihkan bagian eksterior dan ruang kabin. Rapikan pula beberapa bagian yang dirasa merusak pandangan sehingga mobil bekas yang akan dijual memiliki kesan terawat.

Perawatan Detailing Mobil

Kebersihan mobil tentu saja akan memberikan asumsi kepada calon konsumen bahwa kondisi mobil terawat dengan baik. Ini merupakan trik jitu dari segi psikologi calon konsumen terhadap daya tarik dari kesan bersih yang ditampilkan mobil Anda.

Di sisi lain, selain sekedar mencuci mobil, Anda juga bisa mencuci wax, coating, dan mengganti kaca film yang lebih bagus dan baru agar mobil tampil lebih bersih dan tentunya menarik di mata calon pembeli.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Membersihkan bagian ruang mesin, karena kebersihan di bagian ruang mesin juga menjadi salah satu trik cukup jitu untuk memberikan kesan kepada calon pembeli. Bahwa tak hanya sektor eksteriornya saja melainkan juga pada bagian ruang mesin pun turut terawat pula.

Untuk membersihkan bagian ruang mesin, Anda bisa melakukannya secara mandiri dengan mudah. Karena, Anda hanya perlu alat-alat seperti sabun, ember, busa, dan sikat kecil, dan lap bersih kering.

Baca Juga :  Fuso Kuasai Pasar di Segmen Light Duty Truck Meskipun Pandemi

Bersihkan seluruh area yang terjangkau dengan menggunakan busa dan air sabun secara erlahan pada setiap bagian yang dirasa kotor/terkena oli. Untuk sabun, usahakan menggunakan sabun cuci piring yang mengandung jeruk nipis agar bisa mudah menghilangkan kandungan minyak, misalnya dari oli yang merembes.

Foto Mobil yang Menarik

Foto mobil yang diambil dengan cara tepat, tentu sanggup memicu konsumen tertarik untuk membelinya. Tak perlu menggunakan kamera mewah, Anda hanya cukup menggunakan kamera smartphone dengan sudut pandang yang pas dan kondisi cahaya yang sedang.

Ambil foto secara sejajar dari setiap sisi, dari depan, samping, dan belakang. Bila perlu edit foto dengan menggunakan aplikasi namun tanpa mengubah tampilan aslinya. Hanya sekedar memberikan kesan yang lebih clean supaya daya tariknya bertambah kuat.

Jual Secara Online

Penjualan secara online merupakan segmen pasar yang sangat efektif, apalagi di era modern seperti sekarang ini. Anda bisa mulai meng-upload foto mobil bekas yang akan Anda jual ke beberapa platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Anda juga bisa turut menjualnya ke situs e-commerce yang menawarkan slot untuk menjual kendaraan. Tulis keterangan berupa kelebihan dan beberapa kekurangannya sebagai bahan pertimbangan konsumen. Informasi lengkap yang Anda tulis dalam keterangan saat menjualnya ke internet, tentu akan menambah referensi bagi konsumen.

Comment