Penanganan Covid-19 di RI Diragukan, Jokowi Ogah Dibandingkan dengan Negara Lain

KalbarOnline.com – Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia tidak dapat dibandingkan dengan penanganan yang diberikan oleh negara lain. Hal tersebut dikarenakan Indonesia sebagai negara kepulauan.

Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam prakata pengantar pada Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19, dan Pemulihan Ekonomi Nasional, melalui video conference, yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Senin, (14/9/2020).

“Negara kita ini negara kepulauan, Indonesia negara kepulauan, karena itu pemahaman mengenai penyebaran COVID sangat penting dalam menangani pandemi di Indonesia, tidak bisa dibandingkan dengan negara lain yang bukan kepulauan,” kata Jokowi.

Baca Juga :  Innalillahi, Pendiri Ponpes Asshiddiqiyah KH Noer Muhammad Iskandar Meninggal Dunia

Terkait hal tersebut, Jokowi meminta seluruh jajarannya menyiapkan strategi yang sesuai. Fokusnya adalah, meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian Covid-19.

“Saya juga minta kepada Menkes dan komite satgas untuk fokus dalam penanganan ini sehingga hasilnya setiap minggu bisa keliatan angka-angkanya,” tutur dia.

Menurutnya, angka kematian di Indonesia saat ini memang masih tinggi daripada angka kematian dunia, meski trennya mengalami penurunan.

Baca Juga :  KPU: Agusrin Terganjal Maju Pilgub Bengkulu Karena Mantan Napi

“Pemerintah juga harus terus bekerja keras untuk menurunkan angka kematian. Ratarata kematian di Indonesia memang terus menurun dari 4,49 di bulan lalu menjadi 3,99 persen.Meski angka ini juga masih lebih tinggi dari rata-rata kematian dunia yang mencapai 3,18 persen,” tuturnya.

“Tetapi memang angka ini angka sebesar 3,99 ini mengalami penurunan dibandingkan angka kematian yang seminggu yang lalu yang berada di angka 4,02 persen,” jelasnya. [rif]

Comment