Banyak Tabrakan Dahsyat, Duo Mercedes 1-2, Driver Thailand Bisa Podium

KalbarOnline.com-Grand Prix Tuscan di Sirkuit Mugello, Italia malam ini (13/9) berlangsung mendebarkan dan dibumbui banyak kecelakaan.

Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas lagi-lagi dominan dengan finis pertama dan kedua. Namun, sejumlah kecelakaan, membuat jalannya balapan berlangsung sangat seru.

“Rasanya seperti menjalani tiga balapan dalam sehari. Rasanya gila bisa ada di sini dalam memenangkan 90 balapan,” kata Hamilton seperti dikutip dari situs resmi F1.

Seperti dikutip dari Antara, balapan dihentikan sementara dan dilakukan start ulang menyusul insiden tabrakan yang melibatkan sejumlah pembalap ketika lomba baru berjalan delapan putaran.

Safety car keluar untuk kali pertama di lap pembuka ketika mobil AlphaTauri yang dikendarai Pierre Gasly menabrak mobil bintang Red Bull Max Verstappen. Kedua pembalap itu juga terlibat kontak dengan mobil Alfa Romeo milik Kimi Raikkonen.

Mobil Red Bull yang dikendarai Max Verstappen terlibat kecelakaan pada GP Tuscan. (Luca Bruno / POOL / AFP).

Valtteri Bottas mengambil alih pimpinan lomba dari rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton setelah start.

Bottas memanaskan ban mobilnya sebelum safety car ditarik untuk meneruskan lomba. Namun mobil-mobil yang berada di barisan belakang memacu kecepatannya.Yakni ketika mobil lain yang ada di depan berjalan lebih pelan.

Baca Juga :  Masih Ruwet Hadapi Covid-19, Grand Slam Pembuka 2021 Bisa Ditunda

Alhasil, mobil Alfa Romeo milik Antonio Giovinazzi kemudian menabrak bagian belakang mobil Haas milik Kevin Magnussen. Insiden tersebut juga menyebabkan terjadinya kontak dengan mobil Williams milik Nicholas Latifi dan McLaren yang dikemudikan Carlos Sainz. Itu menyebabkan empat pembalap keluar dari lomba, menyusul Verstappen dan Gasly.

Safety car dikeluarkan lagi dan balapan ditunda. Sebanyak 14 pembalap yang tersisa menjalani start ulang. “Kecelakaan itu sangat menakutkan,” kata Sainz sebagaimana dikutip dari Reuters.

Pembalap Haas Romain Grosjean juga dibuat kesal. “Itu adalah… bodoh siapapun yang ada di depan,” kata Grosjean. “Mereka ingin membunuh kami atau bagaimana? Ini adalah hal terburuk yang pernah aku lihat,” ketusnya.

Baca Juga :  Tepikan Rider Thailand, Red Bull Lebih Kompetitif dengan Sergio Perez

Untuk kedua kalinya secara beruntun balapan F1 musim ini harus start ulang, setelah GP Italia akhir pekan lalu.

Pada lap ke-44, red flag kembali berkibar. Ini menyusul kecelakaan parah yang dialami pembalap Racing Point Lance Stroll. Dengan fenomena ini, untuk kali pertama sejak GP Brasil 2016, terdapat dua red flag dalam satu balapan.

Banyak Tabrakan Dahsyat, Duo Mercedes 1-2, Driver Thailand Bisa Podium 2
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangannya pada GP Tuscan 2020. (Bryn Lennon / POOL / AFP).

Ketika balapan dilanjutkan, duo Mercedes tampil dominan. Hamilton menjadi juara disusul rekan setimya, Valtteri Bottas. Ini adalah kemenangan ke-90 dalam karir bintang asal Inggris itu.

Yang mengejutkan, pembalap Thailand dari Red Bull Alexander Albon finis ketiga. Ini adalah podium pertama sepanjang karir Albon di F1. “Butuh jalan sangat panjang untuk sampai di sini. Rasanya sangat luar biasa,” kata Albon seperti dikutip dari situs resmi F1.

Comment