Sudah 112 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Salah Satunya dr. Gardjito

KalbarOnline.com – Hampir setiap hari ada kabar duka bagi kalangan tenaga medis khususnya para dokter. Sudah 100 lebih para pejuang garis depan pandemi itu terinfeksi Covid-19 dan meninggal dunia. Data terbaru menyebutkan, kini totalnya sudah 112 dokter tutup usia sesuai data Lapor Covid.

Terbaru, hari ini, Jumat (11/9), Dokter Spesialis Jantung, dr. Gardjito Hardjosukarso, SpJP, meninggal dunia di RS Radjak Hospital Salemba. Beliau dikenal sebagai sosok senior di dunia kedokteran.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Bisa Diberikan Untuk Lansia, BPOM Beri Penjelasan

“Beliau senior yang baik, rendah hati, low profile, dan sangat humble. Contoh panutan kardiolog senior,” kata rekan sejawat, Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Iwan Dakota kepada KalbarOnline.com, Jumat (11/9).

  • Baca Juga: Banyak Dokter Meninggal, Pakar Sebut Indonesia Seperti AS dan Rusia

Begitu pula sosok almarhum di mata Dekan Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia Prof dr. Ari Fahrial Syam. Almarhum merupakan teman akrab sejawatnya. “Ya saya dulu pernah bareng praktik bersama almarhum,” ungkap dr. Ari.

Baca Juga :  Firli Singgung Anies yang Baru Baca Buku ‘How Democracies Die’

Menurut dr. Ari, jumlah dokter yang gugur karena Covid-19 terus bertambah setiap harinya. Sebelum almarhum, sejumlah dokter meninggal di antaranya yakni dau dokter spesialis anak dan satu dokter spesialis saraf di Kediri, Jawa Timur. Para dokter kemungkinan tertular Covid-19 dari pasien.

“Ya kondisi ini mencemaskan kita semua. Apalagi ICU semakin penuh dan petugas medis kelelahan hingga terpapar langsung,” katanya.

Comment